Gelar Pelatihan 4 Hari, Pemkab Trenggalek Harapkan BUMDesa Mampu Jawab Tantangan Ekonomi Global

Gelar Pelatihan 4 Hari, Pemkab Trenggalek Harapkan BUMDesa Mampu Jawab Tantangan Ekonomi Global Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek Ir. Joko Irianto. (foto: HERMAN/ BANGSAONLINE)

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka pengembangan BUMDesa dan BUMDesa Bersama, Pemerintah Kabupaten Trenggalek bekerja sama dengan Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa menggelar pelatihan selama 4 hari di Gedung Bhawarasa Trenggalek.

Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek Ir. Joko Irianto dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan pengembangan BUMDesa yang telah dilaksanakan sejak 21 Juni hingga 25 Juni adalah ikhtiar bersama dalam mempersiapkan badan usaha yang memenuhi syarat.

"Saat ini di Kabupaten Trenggalek terdapat 152 BUMDesa, berarti semua desa di Kabupaten Trenggalek sudah dibentuk BUMDesa," kata Joko dalam agenda penutupan pelatihan pengembangan BUMDesa di Gedung Bhawarasa Trenggalek, Jumat (25/6/2021).

Disampaikan oleh Joko, sesuai hasil evaluasi, BUMDesa dibagi dalam tiga kategori, yakni BUMDesa kategori baik sebanyak 72, kategori sedang 40, dan kategori kurang 40. Selanjutnya, berdasarkan hasil evaluasi data desa center disebutkan bahwa BUMDesa dengan status maju sejumlah 78 dan status berkembang 74.

Simak berita selengkapnya ...