Khofifah Apresiasi, Kontribusi Rp 1,45 T ke PAD Jatim, 3 Juta Orang Manfaatkan Diskon Pajak

Khofifah Apresiasi, Kontribusi Rp 1,45 T ke PAD Jatim, 3 Juta Orang Manfaatkan Diskon Pajak Pemprov Jatim benar-benar mendapat berkah bulan suci Ramadan. Dengan memanfaatkan Diskon Ramadan Pemprov Jatim berhasil memantik antusiasme lebih dari tiga juta wajib pajak kendaraan bermotor. Tampak Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat memantau pelaksanaan pembayaran pajak. foto: ist/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONINE.com - Kebijakan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengeluarkan Diskon Ramadan berhasil memantik antusiasme lebih dari tiga juta wajib pajak kendaraan bermotor. Melalui skema tersebut, Pemprov setidaknya telah mengeluarkan insentif keringanan pajak hingga Rp 95,57 miliar. Semakin menggembirakan, insentif tersebut mampu mendorong kontribusi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) serta Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) terhadap PAD Jatim sebesar Rp 1,45 triliun.

Gubernur Khofifah mengungkapkan apresiasi dan rasa terimakasih setinggi-tingginya kepada wajib pajak di Jatim. Hal ini karena di tengah pandemi Covid-19, tingkat kepatuhan masyarakat Jatim masih tetap tinggi sehingga mampu memberi kontribusi yang besar terhadap PAD Jatim.

"Kesadaran membayar pajak yang tinggi ini adalah bagian dari kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap Pemprov Jatim. Maka ini akan menjadi energi luar biasa bagi seluruh upaya Pemprov dalam meningkatkan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat Jatim," tutur Gubernur Khofifah di sela prosesi Serah Terima Jabatan Bupati Tuban di Kantor DPRD Tuban, Jumat (25/6/2021).

Sejak dimulainya Diskon Ramadan pada 20 April hingga ditutup pada 24 Juni, diskon yang diiringi pembebasan sanksi administratif PKB serta BBNKB tersebut sukses menarik animo lebih dari 3,09 juta wajib pajak di Jatim. Selain insentif dan pembebasan sanksi administratif, Diskon Ramadan juga meliputi pembebasan PKB dan BBNKB kendaraan listrik.

"Satu paket kebijakan ini alhamdulillah mampu memberikan dua manfaat sekaligus. Pertama, insentif ini memberikan keringanan beban ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Di sisi lain, insentif ini juga berhasil memberi signifikansi terhadap penerimaan daerah Pemprov Jatim," tutur gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut.

Gubernur Khofifah merinci, diskon yang diberikan untuk kendaraan roda 2 sebesar 15% dan roda 4 atau lebih sebesar 5% telah dimanfaatkan 2,45 juta wajib pajak. Insentif yang dikeluarkan Pemprov sebesar Rp 95,31 miliar dan penerimaan sebesar Rp 1,15 triliun.

Simak berita selengkapnya ...