Ketokohan Faktor Penting untuk Calon Ketua Umum IKA Unair

Ketokohan Faktor Penting untuk Calon Ketua Umum IKA Unair Poster dukungan Jansen Sitindaon kepada Khofifah Indar Parawansa. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri besar di Nusantara, Universitas Airlangga () telah melahirkan ratusan ribu alumni yang eksis di bidangnya masing-masing. Salah satunya Jansen Sitindaon, advokat muda yang juga dikenal sebagai Politikus Partai Demokrat.

Alumnus Fakultas Hukum Angkatan 2001 ini ikut bersuara terkait Pemilihan Calon Ketua Umum IKA yang akan berlangsung pada Kongres X, tanggal 2-3 Juli 2021. Menurutnya, alumni itu merupakan etalase perguruan tinggi. Bahkan, terkadang citra dan persepsi publik terhadap sebuah perguruan tinggi tercermin dari kiprah para alumninya.

"Saya berharap ketua umum alumni ke depan baiknya yang sudah matang, jelas rekam jejak dan prestasinya, serta kalau bisa sudah punya nama dan dikenal publik. Sederhananya sudah jadi tokohlah dan memiliki nama di masyarakat," tegas Jansen, Rabu (23/6/2021).

Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat ini mengatakan, ketokohan adalah pembuktian kalau seorang alumni berhasil dan bisa jadi inspirasi bagi alumni yang lain. Setelahnya, baru dia kembali ke kampus mengabdikan dirinya melalui organisasi alumni.

Jansen melanjutkan, ketokohan ini penting, paling tidak agar dia setara dan sejajar dalam komunitas pergaulan antar-IKA perguruan tinggi lainnya. Terlebih jika yang bersangkutan juga memegang amanah jabatan publik, atau jadi top level pada bidangnya.

Ia mewanti-wanti, jangan sampai yang terpilih jadi ketua alumni malah yang dengan hidupnya saja belum selesai. Masih mencari bentuk, atau dengan menjadi ketua alumni baru memiliki bentuk dan dikenal publik. "Kalau begini, bagaimana kemudian yang bersangkutan mampu mengonsolidasi dan dipercaya alumni dari berbagai latar belakang untuk memberi kontribusi ke kampus yang tersebar di seluruh Indonesia dan dunia," katanya.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO