​Dua Hari Kemerdekaan, Hari Libur pun Makin Banyak

​Dua Hari Kemerdekaan, Hari Libur pun Makin Banyak Dahlan Iskan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.

Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terutama oleh warga . Bahkan DPR AS menyetujui jadi UU baru. Tiap 19 Juni. Mulai hari ini. Padahal hari kemerdekaan AS selama ini 4 Juli. Maka AS pun punya dua hari kemerdekaan. Bertambah pulalah hari libur. 

Loh, bukankah terbunuhnya pejuang persaman hak Dr Martin Luther King Jr sudah jadi hari libur? .

 Silakan simak tulisan Dahlan Iskan, wartawan kondang, hari ini, Rabu 19 Juni 2021, di Disway, HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com. Selamat membaca:

HARI ini ada peringatan hari kemerdekaan . Besar-besaran. Lho! Hari ini kan tanggal 19 Juni? Bukankah seharusnya 4 Juli?

Itulah.

Bagi orang hari kemerdekaan Amerika yang sebenarnya adalah 19 Juni 1865. Bukan 4 Juli 1776.

Itulah hari hilangnya perbudakan di secara tuntas. Yakni dua tahun setelah Presiden Abraham Lincoln mengesahkan UU anti diskriminasi. Lincoln sendiri kemudian mati ditembak oleh ekstremis kulit putih.

Empat hari lalu eksistensi "19 Juni" itu sudah kukuh. Menjadi resmi. Hari itu DPR Amerika menyetujui UU baru: Juneteenth National Independence Day.

Maka bertambahlah hari libur nasional Amerika: tiap 19 Juni. Sudah lama Amerika tidak menambah hari libur. Terakhir tahun 1983 lalu, ketika Presiden Ronald Reagan mengesahkan UU Baru untuk menghormati terbunuhnya pejuang persamaan hak Dr Martin Luther King Jr.

Ada yang menggelitik saat diadakan pemungutan suara 4 hari lalu: 14 orang menolak. Yang 415 orang setuju. Yang menolak itu semuanya dari Partai Republik.

Di antara 14 orang itu ada yang menolak dengan alasan nama UU itu akan membingungkan: mengaburkan hari kemerdekaan Amerika yang sebenarnya. Bacalah sekali lagi nama UU itu.

Ada juga yang beralasan hari libur sudah terlalu banyak. Sudah 9 hari. Termasuk hari buruh, hari Veteran, thanks giving, hari Martin Luther King. Hari libur yang terakhir itu kan sudah cukup mengakomodasi persamaan hak.

Lalu ada juga yang menolak karena UU baru itu terkesan berlatar belakang perjuangan ras. "Kalau libur nasional dilatarbelakangi ras, nanti akan ada hari libur semua ras," katanya.

Ada juga yang bilang tambahan libur itu oke saja, tapi jangan disebut hari kemerdekaan. "Sebut saja hari persamaan hak," katanya. "Atau hari kebebasan. Atau apalah," tambahnya.

Presiden Joe Biden langsung mengesahkan UU baru itu. Kemarin. Maka tanggal 19 Juni hari ini Amerika mulai libur nasional baru.

Yang masih gagal diperjuangkan adalah: belum ada tokoh yang wajahnya muncul di uang dolar Amerika. Semua tokoh di dalam uang Amerika adalah orang kulit putih.

Sebenarnya hampir saja final: gambar uang 20 dolar akan diganti. Yang selama ini bergambar mantan Presiden Andrew Jackson.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO