Kamis, 29 Juli 2021 12:26

Plt Bupati dan Polres Nganjuk Launching Kampung Tangguh Bersih Narkoba di Desa Tanjungrejo

Rabu, 16 Juni 2021 18:37 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Bambang Dwi Julianto
Plt Bupati dan Polres Nganjuk Launching Kampung Tangguh Bersih Narkoba di Desa Tanjungrejo
Plt Bupati Nganjuk Marhaen Jumadi menerima potongan tumpeng dari Kapolres Nganjuk AKBP Harviandhi saat peresmian Desa Tanjungrejo sebagai Kampung Tangguh Bersih Narkoba. foto: BAMBANG/ BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Polres Nganjuk mengantisipasi peredaran narkoba di lingkungan masyarakat dengan meresmikan Kampung Tangguh Bersih Narkoba (Bersinar). Desa Tanjungrejo, Kecamatan Loceret, ditunjuk sebagai desa percontohan Kampung Tangguh Bersinar.

Launching Kampung Tangguh Bersinar ini dihadiri langsung oleh Plt Bupati Nganjuk Marhaen Jumadi, Kapolres Nganjuk AKBP Harviandhi, Dandim 0810, Kajari Nganjuk, Kepala BNN, dan Kepala Pengadilan Negri Nganjuk. Kegiatan berlangsung dengan menerapakan protokol kesehatan (prokes) 3M, yakni mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak.

Plt Bupati Marhaen Jumadi berharap ke depan tidak hanya Desa Tanjungrejo saja yang ditetapkan menjadi desa percontohan bersih narkoba. Melainkan juga desa-desa lain, karena masalah narkoba adalah tanggung jawab bersama.

"Maka itu, perlunya para kepala desa yang hadir agar jangan bosan dalam menyampaikan masalah yang sedang dialami masyaratakat saat ini," kata Marhaen dikutip BANGSAONLINE.com, Rabu (16/06).

BACA JUGA : 

Tiba di Nganjuk, Bupati Novi Segera Disidang

Dituntut Dua Tahun Enam Bulan, Terdakwa Korupsi APBDes Bakal Ajukan Pledoi

Disergap Tim Rajawali 19 Mendadak, Pengedar Narkoba di Nganjuk Tak Berkutik

Ditresnarkoba Polda Jatim Resmikan Kampung Tangguh Bersih Narkoba di Sidoarjo

Ia kemudian mengutip instruksi Presiden Joko Widodo dan Kapolri tentang 3 masalah yang harus sering disosialisasikan dan terus dilakukan penanganan, yakni pertama Covid-19, kedua HIV-AIDS, dan ketiga Narkoba.

"Saya mengajak semua lapisan, ayo kita syiar tentang permasalahan-permasalahan terkait Narkoba secara bersama-sama. Bagaimana memprioritaskan pembangunan agar lebih baik, yaitu menciptakan SDM sehat, maka 3 hal inilah yang harus dilaksanakan agar benar-benar bersih," tegasnya.

"Saya nitip agar slogan Nyawiji benar-benar dilaksanakan, jangan hanya diucapkan, tapi harus diikuti dalam hati kita juga ikut Nyawiji," pungkas Kang Marhaen, sapaan Plt. Bupati Nganjuk.

Sementara Kapolres Nganjuk AKBP Harviadhi menjelaskan alasan penunjukan Desa Tanjungrejo sebagai percontohan Kampung Tangguh Bersinar. Antara lain, karena berdasarkan catatan mulai awal bulan Januari hingga Juni 2021, tidak ditemukan kasus terkait penyalahgunaan narkoba.

"Inilah yang saya inginkan agar nanti semua desa bisa mencontoh agar kampungnya bersih dari peredaran Narkoba," kata Harviadhi.

Dalam kesempatan ini, Harviadhi juga menyampaikan progres pengungkapan kasus narkoba sepanjang 2021. Tercatat, Polres Nganjuk sudah mengungkap 69 kasus penyalahgunaan narkoba dengan tersangka 79 orang.

"Maraknya peredaran narkoba tidak bisa ditangani sendiri, maka peran elemen masyarakat diharapkan bisa membantu agar kampungnya tetap bersih bahaya narkoba," tukas kapolres. (bam/rev)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...