Peduli Lingkungan, Bupati Yuhronur Lakukan Pencanangan Penanaman Bambu

Peduli Lingkungan, Bupati Yuhronur Lakukan Pencanangan Penanaman Bambu Bupati Yuhronur Efendi foto bersama usai pencanangan dan penanaman bambu di TPA Tambakrigadung. (foto: ist)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Peduli terhadap lingkungan, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama Wabup Abdul Rouf dan Pimpinan Wilayah BRI Surabaya Triswahyu Herlina melakukan Gerakan Menanam Pohon Bambu di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tambakrigadung Kecamatan Tikung, Rabu (16/6/2021).

Sebanyak 1.400 pohon bambu disiapkan guna mendukung kegiatan yang juga dilaksanakan di empat kecamatan berbeda di Kabupaten Lamongan, yakni Kecamatan Tikung, Kembangbahu, Sugio, dan Sukodadi.

Menurut Yuhronur Efendi, gerakan tanam pohon melalui program mengetuk pintu langit brilian inisiasi Kanwil BRI Surabaya, selain sebagai bentuk pemulihan ekosistem juga sebagai bentuk pengembalian fungsi ekosistem untuk menciptakan penghidupan berkelanjutan.

Begitu pula pemilihan pohonnya, Bupati Yuhronur menerangkan bahwa pemilihan bambu dirasa sangat tepat dan efektif, karena selain memiliki resapan air paling bagus, bambu juga dapat menangkal tanah longsor dan angin puting beliung.

"Kenapa harus bambu? Yang saya tahu, bambu ini lebih efektif dibanding pohon lainnya untuk mendapatkan udara lebih jernih dan bersih. Akan sangat sesuai dengan kondisi tanah kita, secara spesifik bambu ditanam untuk menangkal tanah longsor dan angin puting beliung dan menangkal radikal bebas. Pohon bambu juga terbukti kuat," ungkapnya.

Simak berita selengkapnya ...