Senin, 21 Juni 2021 07:14

Undang Siswa Calon Praja IPDN, Bupati Pamekasan Beri Semangat Raih Beasiswa Pemkab

Jumat, 11 Juni 2021 18:02 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yeyen
Undang Siswa Calon Praja IPDN, Bupati Pamekasan Beri Semangat Raih Beasiswa Pemkab
Bupati Pamekasan H. Baddrut Tamam mengundang dan memberikan pembekalan serta fasilitasi langsung terhadap calon praja IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) di Peringgitan Dalam Pendopo Ronggosukowati, Kamis (10/6/2021) sore. (foto: ist)

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Pamekasan H. Baddrut Tamam mengundang dan memberikan pembekalan serta fasilitasi langsung terhadap calon praja IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) di Peringgitan Dalam Pendopo Ronggosukowati, Kamis (10/6/2021) sore.

Dalam acara tersebut, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam didampingi Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Agus Mulyadi, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) sekaligus Ketua Ikatan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi Kepamongprajaan (IKA PTK) Kabupaten Pamekasan Achmad Faisol, Camat Pamekasan sekaligus Sekretaris IKA PTK Pamekasan Rahmat Hidayat, dan Kabag Kesra Pemkab Pamekasan Halifaturrahman.

Tahun 2021, ada 80 siswa Pamekasan yang mendaftar di kampus IPDN, dari jumlah tersebut 40 siswa di antaranya didatangkan ke rumah dinas bupati. Sementara 40 orang sisanya akan dikoordinasikan dengan kepala sekolah masing-masing untuk mengikuti pembekalan dan fasilitasi tahap kedua.

"Kita fasilitasi anak-anak kita yang sedang bercita-cita untuk lulus di beberapa sekolah kedinasan, hari ini di IPDN," ujar Bupati Pamekasan Baddrut Tamam kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (11/6/2021).

BACA JUGA : 

Gali Potensi Ekonomi, Baddrut Tamam Blusukan ke Sejumlah Kelurahan

145 KPM Warga Desa Panaan Pamekasan Terima BLT DD Tahap III

Rotasi Jabatan, Kapolres Pamekasan Pimpin Sertijab Kasat Reskrim

Ketahuan Curi Motor di Pasar Kolpajung Pamekasan, Seorang Pria Babak Belur Dihajar Massa

Mas Tamam, panggilan akrabnya, menambahkan bahwa pihaknya akan mengantarkan generasi hebat masa depan untuk lulus di kampus IPDN sesuai dengan standar yang ditentukan kampus tersebut. Tentu, ikhtiar Pamkab Pamekasan harus diiringi semangat para calon praja dengan cara belajar sungguh-sungguh, berdoa, dan memohon kepada Allah SWT.

"Tugas pemkab akan fasilitasi, nanti berangkat tesnya kita berangkat bareng-bareng, di sana nanti kita akan dampingi sebagai wujud dari ikhtiar konkret mengantarkan generasi hebat masa depan," ungkapnya.

Dalam forum tersebut, Pemkab Pamekasan mengundang tiga praja asal Pamekasan yang saat ini sedang menempuh pendidikan di IPDN Kampus Sulawesi Selatan dengan memberikan support serta tata cara mendaftar hingga mengikuti tes di kampus tersebut yang dilaksanakan secara virtual.

Pembekalan sekaligus fasilitasi tersebut merupakan program prioritas Bupati Pamekasan Baddrut Tamam di bidang pendidikan dengan memberikan beasiswa di sejumlah perguruan tinggi kedinasan. Seperti IPDN, akademi kepolisian, akademi militer, dan beasiswa kedokteran di Universitas Airlangga Surabaya untuk 20 mahasiswa tidak mampu. Pemkab Pamekasan akan memberikan beasiswa hingga biaya hidup mereka selama menempuh pendidikan di kampus tersebut.

"Sudah jelas tadi, ada yang dari praja yang memberi motivasi dan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Misalnya, larinya harus sekian kilo, tes psikologinya passing grade harus sekian, tadi sudah dijelaskan," tandasnya.

Mas Tamam bercerita tentang pengalamannya saat kuliah di perguruan tinggi yang nasibnya tidak seperti mahasiswa kebanyakan. Terutama dari segi ekonomi yang menuntut dirinya harus mencari uang saku dengan cara berjualan ketika tidak ada jadwal kuliah. Pengalaman tersebut menjadi salah satu motivasi untuk merancang program itu.

"Saya ingin, adik-adik tidak seperti saya dulu, makanya kita fasilitasi. Saya harap adik-adik belajar yang rajin dan jangan lupa memohon kepada Allah," pintanya.

Sementara itu, salah satu siswa calon praja IPDN Ainul Salsabila menyampaikan terima kasih kepada Bupati Pamekasan Baddrut Tamam yang telah memberikan fasilitasi terhadap anak-anak untuk masuk di perguruan tinggi kedinasan. Sebab, kebijakan itu pertama kali di Bumi Gerbang Salam.

"Program pertama dari Pemkab Pamekasan peduli terhadap siswa di Pamekasan. Terima kasih sudah memberikan motivasi dan semangat. Perasaan saya senang dan berkesan banget, terima kasih Pak Bupati," ujar siswa asal SMA 1 Pamekasan tersebut. (yen/zar)

Gelar Pertemuan, Anggota Poktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota Gapoktan Sumber Rejeki mendatangi rumah Sumadi, yang juga menjabat kepala Dusun, untu...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Senin, 21 Juni 2021 06:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Meski diblokade oleh Amerika Serikat (AS), ternyata Iran tetap berkembang. Bahkan ilmu kedokteran di negeri para mullah itu berkembang sangat dahsyat. Termasuk tranplantasi hati. Dokternya, Dr Ali Malek Hosseini, sudah mena...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...