Kamis, 29 Juli 2021 10:26

Dinas Perkim Jombang Gelar Pelatihan PKM untuk Desa Penerima Program Kotaku

Jumat, 11 Juni 2021 00:07 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Aan Amrulloh
Dinas Perkim Jombang Gelar Pelatihan PKM untuk Desa Penerima Program Kotaku
Pelatihan PKM penerima Program Kotaku di Aula Dinas Perkim Kabupaten Jombang.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Jombang menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Masyarakat (PKM) untuk Aparat Desa penerima Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Reguler dan kepada Unit Pengelola (UP) pelaksana Proram Kotaku, Kamis (10/06/21).

Bertempat di Aula Kantor Dinas Perkim, Jalan KH Romli Tamim, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, kegiatan tersebut diikuti oleh dua desa yakni Desa Katemas, Kecamatan Kudu dan Desa Sidokerto, Kecamatan Mojowarno.

Kegiatan PKM ini, juga dihadiri oleh Ketua Forum Komunikasi Badan Keswadayaan Masyarakat (FKA-BKM) Kabupaten Jombang dan Koordinator Kota (Koorkot) Kabupaten Jombang.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Kawasan Permukiman Dinas Perkim Kabupaten Jombang, Syaiful Anwar mengatakan, Kotaku merupakan program yang berkelanjutan untuk menyelesaikan penanganan kawasan kumuh oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia.

BACA JUGA : 

Resah Adanya PPKM Darurat, Puluhan PKL Jombang Demo: Lama-lama Kami Bisa Mati Karena Stres

PPKM Darurat, Pemkab Jombang Gelar Doa Bersama untuk Keselamatan Bangsa Secara Virtual

Antisipasi Sebaran Covid-19, Pemkab Jombang Terapkan PPKM Darurat Mulai 3 hingga 20 Juli 2021

Kasus Covid-19 Meningkat, RSUD Jombang Buka Tenda Darurat

"Pada tahun 2021 ini, Kabupaten Jombang mendapat Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Program Kotaku sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat nomor 177 /KPTS/M/2021 tanggal 19 Februari 2021," ucapnya.

Dijelaskan, hal ini berbeda dengan tahun 2019. Untuk mulai tahun 2020 dilanjutkan di tahun 2021 ini, Program Kotaku langsung di bawah rentang kendali Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur, melalui Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah 1 Provinsi Jawa Timur, yang dilaksanakan oleh PPK Pengembangan Kawasan Permukiman.

"Kabupaten Jombang tetap berkomitmen terhadap kelancaran dan kesuksesan program tersebut. Yaitu dengan cara memberikan fasilitasi Program Kotaku melalui Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Jombang," tuturnya.

Menurut Syaiful, sejauh ini Program Kotaku di Kabupaten Jombang telah berjalan dengan lancar. Penentuan jenis infrastruktur pun telah ditentukan oleh masing-masing desa penerima BPM melalui musyawarah warga sebagaimana juknis pelaksanaan program.

"Untuk tahun 2021 ini, jenis BPM ada dua macam. Yakni BPM Reguler yang digunakan untuk jenis pekerjaan pembangunan. Sedangkan BPM Padat Karya Tunai/Cash For Work (CFW) digunakan untuk pemeliharaan/rehabilitasi di lokasi yang pernah mendapatkan BPM Reguler," terangnya.

"Kita berharap, dengan pelaksanaan PKM ini, para pelaksana Program Kotaku baik aparat desa maupun UP dapat melaksanakan kegiatan sesuai dengan regulasi yang ada, sehingga program dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala dan penyimpangan," pungkas Syaiful.

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...