​Situs Ndalem Pojok, Gelar Peringatan Hari Lahir Pancasila dan Hari Lahir Bung Karno

​Situs Ndalem  Pojok, Gelar Peringatan Hari Lahir Pancasila dan Hari Lahir Bung Karno Lambang Garuda Pancasila saat dikirab bersama kirab hasil bumi. foto: Muji Harjita/ BANGSAONLINE.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Situs Ndalem Pojok, rumah masa kecil di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten , Sabtu malam (5/6), menggelar peringatan 1 Juni dan Hari Lahir 6 Juni secara bersamaan.

Kushartono, Ketua Harian Situs , menjelaskan bahwa peringatan dan Hari Lahir sengaja digelar secara bersamaan, mengingat saat ini masih masa pandemi.

"Dalam acara ini kami menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Setiap peserta wajib cuci tangan, jaga jarak, dan wajib pakai masker. Begitu juga pelaksanaan sengaja dilakukan di malam hari, agar tidak banyak yang menonton yang menimbulkan kerumunan," katanya, Sabtu malam (5/6).

Menurut Kushartono, bagi sebagian orang, erat kaitannya dengan . Sebab ada satu pernyataan yang mengatakan ia keturunan .

“Bapak adalah keturunan Sultan ,” demikian kata Presiden Republik Indonesia pertama itu dalam buku biografinya yang amat terkenal ‘ Penyambung Lidah Rakyat Indonesia’ karya Cindy Adams.

"Mengingat arti penting bagi Presiden Soekarno, beberapa relawan dan Pecinta menggelar serangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Lahir , 6 Juni 2021 ini yang dibarengkan dengan," imbuhnya.

Ditambahkan oleh Kushartono, selain kirab Pancasila, para pecinta juga menggelar doa bersama lintas agama, santunan anak yatim, sedekah bumi, mocopat, dan sarasehan kebangsaan dengan tema , Kembali ke Jati Diri Bangsa Indonesia.

Berdasarkan konsensus nasional, lanjut Kushartono, Jati Diri bangsa Indonesia adalah manunggalnya keimanan dan kemanusiaan, yang bersumber dari sila pertama dan sila kedua Pancasila, serta Pembukaan UUD 1945 alinea ketiga.

"Mari kita gelorakan semangat kembali ke Jati Diri Bangsa Indonesia di Hari Kelahiran Sang Penggali Pancasila yang berdarah ," ajaknya. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO