Rabu, 04 Agustus 2021 22:26

Koordinasi Desa Damai, Wahid Foundation Temui Wali Kota Batu

Rabu, 02 Juni 2021 18:36 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Agus Salimullah
Koordinasi Desa Damai, Wahid Foundation Temui Wali Kota Batu
Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko menerima kunjungan Wahid Foundation yang dipimpin oleh Visna Vulovik, Rabu (2/6/2021) siang. (foto: ist)

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko menerima kunjungan Wahid Foundation yang dipimpin oleh Visna Vulovik, Rabu (2/6/2021) siang. Tujuannya untuk melakukan konsultasi, koordinasi, dan sinergi dengan Pemerintah Kota Batu terkait dengan desa damai di Desa Gunungsari dan Desa Sidomulyo.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Batu didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu, Camat Bumiaji, Kepala Desa Gunungsari, dan Kepala Desa Sidomulyo.

Program Manager sekaligus Asisten Direktur Wahid Foundation Visna Vulovik mengatakan, dalam mewujudkan Desa Damai Sidomulyo, Wahid Foundation masuk lewat pemberdayaan ekonomi. Kemudian mencoba merekatkan masyarakat secara pelan-pelan. Membuat mereka saling berkomunikasi satu sama lain meskipun berbeda latar belakang.

Kemudian, lanjutnya, Wahid Foundation memberikan akses permodalan dan pelatihan wirausaha melalui pembinaan perempuan. Selanjutnya adalah pelatihan bagi masyarakat desa untuk melihat potensi konflik yang bersumber pada intoleransi.

BACA JUGA : 

Perpanjangan PPKM, Pemkot Batu Salurkan Bantuan Pangan Beras

Pemkot Batu Salurkan BST Bagi Ribuan Warga Terdampak PPKM Darurat

Wakil Wali Kota Serahkan Hewan Kurban di Masjid Agung An-Nuur

​Wawali Batu Serahkan Hewan Kurban Jenis Sapi Limosin Seberat 850 Kuintal

“Kami juga memberikan pelatihan bagi masyarakat desa untuk mendeteksi dini dalam melihat potensi konflik yang muncul,” kata Visna.

Menurut Visna, program desa/kelurahan damai memiliki sembilan indikator. Antara lain, pendidikan dan perdamaian dan kesetaraan gender, praktik nilai-nilai persaudaraan dan toleransi, serta adanya pranata bersama yang dapat memantau pelaksanaan desa/kelurahan damai. Sebagai contoh, bentuk perwujudannya adalah pembentukan sebuah kelompok kerja (pokja) pemantau pelaksanaan desa/kelurahan damai di tingkat desa yang minimal 30 persen anggotanya adalah perempuan.

Dalam pertemuan tersebut, dijelaskan juga tentang Rumah Ayom. Yaitu program untuk memberikan perlindungan bagi masyarakat rentan seperti siswa putus sekolah, korban KDRT, dan kekerasan lainnya.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menyampaikan bahwa program desa damai yang sudah berlangsung 4 tahun ini, sudah bisa dirasakan manfaatnya. Program tersebut juga sangat membantu pemerintah dalam memberdayakan masyarakat dan menguatkan kelompok rentan.

"Dengan begitu, SDM masyarakat meningkat dan dapat menghindari kekerasan berdasar ekonomi," pungkasnya. (asa/zar)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Rabu, 04 Agustus 2021 11:59 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*69. Qaala satajidunii in syaa-a allaahu shaabiran walaa a’shii laka amraanDia (Musa) berkata, “Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apa pun.”70. ...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...