Ucapkan Selamat HUT ke-728, Gubernur Khofifah Apresiasi PAD, APBD dan IPM Kota Surabaya

Ucapkan Selamat HUT ke-728, Gubernur Khofifah Apresiasi  PAD, APBD dan IPM Kota Surabaya   foto: ist/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Hari ini Kota Surabaya memperingati hari jadi ke-728. Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa menyampaikan ucapan selamat dan juga mendoakan agar Kota Surabaya akan terus menjadi kota yang maju dan membanggakan. Kota Pahlawan yang memberi spirit heroik dan pembangkit semangat kemajuan.

"Selamat ulang tahun Kota Surabaya yang ke-728. Semoga Kota Surabaya semakin maju, semakin berkembang, dan tetap menjadi kebanggaaan provinsi Jawa Timur," kata Gubernur di Gedung Negara Grahadi, Senin (31/5/2021).

Gubernur menyatakan, Kota Surabaya menjadi salah satu andalan pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Timur karena menjadi sentra perdagangan dan investasi. Banyak investasi dan perdagangan di Kota Surabaya sehingga kontribusi Kota Surabaya terhadap PDRB Provinsi Jawa Timur cukup signifikan yaitu 24,11 persen pada tahun 2020.

Gubernur berharap iklim usaha, iklim investasi terus ditingkatkan di Kota Surabaya guna menyokong investasi dan perdagangan dan pertumbuhan ekonomi secara umum di Jawa Timur secara lebih luas.

juga menyampaikan apresiasi pada Kota Surabaya yang mampu membangun kemandirian dan otonomi daerah. PAD dan APBD Kota Surabaya menjadi yang tertinggi di Jatim.

Tahun 2021, APBD Kota Surabaya mencapai Rp 9,8 Trilliun. Dengan nilai PAD sebesar Rp 5,5 trilliun. Angka ini merupakan terbesar dibandingkan kabupaten kota lain di Jawa Timur.

"Tak hanya PAD dan APBD Kota Surabaya yang tertinggi di Jatim, namun Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Surabaya juga tertinggi di Jatim. Ini patut kita apresiasi, dan semoga kerja sama antar daerah seperti sister city Kota Surabaya dengan kota lainnya di Jawa Timur bisa terwujud sehingga membantu meningkatkan IPM Jawa Timur khususnya di daerah-daerah yang memang membutuhkan untuk didorong peningkatannya," tambahnya.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO