Kamis, 29 Juli 2021 05:21

Tiga Jam Lumpur Keluar di Areal Sawah Desa Sukorejo Bungah, DLH Diharap Turun Tangan

Minggu, 30 Mei 2021 20:43 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Tiga Jam Lumpur Keluar di Areal Sawah Desa Sukorejo Bungah, DLH Diharap Turun Tangan
Lukman saat melihat lumpur yang keluar dari areal sawah yang dikerjakannya. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Fenomena alam keluarnya lumpur terjadi di areal persawahan Desa Sukorejo, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Sabtu (29/5/2021).

Keluarnya lumpur tersebut lalu dilaporkan oleh Lukman, pengelola sawah milik Desa Sukorejo kepada Kepala Desa (Kades) Sukorejo Muslikh.

Menurut Muslikh, dirinya mendapat laporan kejadian tersebut pada Sabtu (29/5/2021), sekitar pukul 13.00 WIB. Ia pun kemudian bergegas menuju lokasi yang dimaksud. "Jadi, setelah mendapat laporan ada lumpur keluar di sebelah selatan sawah, dan juga keluar di galengan (pematang sawah), sekitar jam 9 pagi pada saat ada aktivitas petani mencabut bibit padi. Sesampainya di lokasi, saya lihat bekas lumpur namun sudah tidak keluar lagi," ungkap Muslikh, Minggu (30/5/2021).

Ia menganggap kejadian itu fenomena alam biasa, karena lumpur sudah tak keluar lagi dan tak ada dampak negatif. "Mungkin saja di sekitar itu banyak rumah yuyu (kepiting kecil yang biasa hidup di sawah). Makanya, saya tidak membuat laporan ke pihak-pihak terkait," jelasnya.

BACA JUGA : 

Kapolda Jatim dan Pangdam Cek PPKM Level IV di Gresik

AKD dan Forkopimcam Manyar Door to Door ke Perusahaan Cari Tabung Untuk Bantu Warga Terpapar Covid

Percepat Herd Immunity, Bupati Gus Yani Latih 140 Nakes Hingga Siapkan Tempat Wisata untuk Vaksinasi

Minta Penggunaan DD untuk Covid-19 Dioptimalkan, Bupati Gus Yani: Boleh Dibelikan Oximeter

Muslikh mengaku sempat menyesalkan adanya kabar yang sempat beredar di media sosial (medsos) soal kabar lumpur tersebut yang terlalu dibesar-besarkan, sehingga membuat panik warga.

"Informasi yang beredar terlalu dibesar-besarkan. Untuk itu, saya minta masyarakat khususnya warga Desa Sukorejo tidak perlu panik karena sejak pukul 13.30 WIB saat saya meninjau lokasi sudah tidak ada lumpur yang keluar," ungkapnya.

"Adanya lumpur juga tidak membuat tanaman di sekitar yang terkena mati atau layu. Juga tidak tercium bau gas atau sejenisnya di sekitar lubang tempat lumpur keluar," sambungnya.

Sekadar diketahui, sawah milik Desa Sukorejo seluas 9.000 meter tersebut ditanami padi dan dikelola oleh Lukman, warga setempat. Selain di areal sawah tersebut, bekas lumpur juga tampak di sawah milik Kamil, tepatnya di sisi selatan.

Hingga kini, fenomena munculnya lumpur itu masih menjadi tanda tanya. Apalagi jenis lumpur yang keluar berbeda dengan lumpur pada umumnya. Tidak lengket seperti lumpur sawah. Melainkan mirip mainan anak-anak malam, atau jell.

Diharapkan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik bisa meneliti keluarnya lumpur tersebut. (hud/ian)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...