Jual Beli Kasus Banyak Terjadi, Mahfud MD: Penegakan Antikorupsi Saat Ini Mundur Total

Jual Beli Kasus Banyak Terjadi, Mahfud MD: Penegakan Antikorupsi Saat Ini Mundur Total Mahfud MD. Foto: deteksi.co

BangsaOnline - Buntut dari ‎kisruh -Polri dan kriminalisasi para pimpinan menjadi catatan penting bagi gerakan anti korupsi di Indonesia. Mahfud MD melihat penegakan hukum anti korupsi di negara ini kini mundur total.

"Taruhlah dalam penegakan hukum anti korupsi (di Indonesia), sampai sekarang saya lihat malah mundur total,"‎ ujar Mahfud.

Hal ini disampaikan Mahfud saat menjadi pembicara Konferensi Nasional Psikologi Islam yang digelar oleh Universitas Islam Indonesia (UII) di Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta, Jumat (27/2/2015).

"Jual beli kasus banyak terjadi. Mengapa? Karena penegakan hukum tidak ditegakkan dengan benar,"‎ imbuhnya.

Mahfud yang saat itu sedang menjelaskan soal kepemimpinan profetik dan membandingkannya dengan kepemimpinan Rasulullah SAW. ‎Di mana hasil dari kepemimpinan Rasul masih bertahan hingga saat ini di seluruh dunia.

Mantan Ketua MK ini mengisahkan, Rasulullah pernah ‎menemui seorang pencuri dari Bani Maksum. Keluarga ini kemudian meminta ampun dari hukuman karena dikenal sebagai keluarga ningrat.

‎"Rasul menjawab, 'Kau tahu? Negara-negara banyak yang hancur Romawi, Mesir, karena orang-orang ningrat yang salah tidak dihukum, sedangkan orang kecil yang salah dihukum," kata Mahfud.

"Rasul mengatakan, seumpama anak saya Fatimah mencuri, saya akan potong tangannya. Ini menegaskan hukum dengan adil," ujarnya.

Mahfud kemudian mencontohkan sejumlah kepemimpinan Islam yang juga hancur karena korupsi dan penegakan hukum yang tak tegas. Indonesia harus belajar dari sejarah.

"Turki, Bani Umayyah, Bani Abbasiyah, karena korup dan hukum tak ditegakkan. Indonesia harus belajar dari ini. Kalau kita mau jadi pemimpin, harus beriman. Kalau tidak, tidak akan takut melakukan yang tidak benar, " ulasnya.

Sumber: detik.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Resmi Dipecat! Novel Baswedan dkk Letakkan Kartu Identitas KPK':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO