Kamis, 29 Juli 2021 10:27

Momen HJL ke-452, Bupati Yuhronur Luncurkan Aplikasi Sippoma, Begini Keunggulannya

Rabu, 26 Mei 2021 22:37 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Momen HJL ke-452, Bupati Yuhronur Luncurkan Aplikasi Sippoma, Begini Keunggulannya
Bupati Yuhronur saat memberikan sambutan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Lamongan (HJL) ke-452, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi me-launching aplikasi Sippoma (Sistem Pelayanan Perizinan Online dan Mandiri).

Menurut Yuhronur, Sippoma yang merupakan inovasi unggulan DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) tersebut, merupakan pelayanan perizinan yang penandatanganannya bisa dilakukan secara digital.

"Sangat mudah dan cepat, tidak perlu menunggu atau tanda tangan basah. Masyarakat akan dimanjakan dengan aplikasi ini," ujar Bupati Yuhronur usai pesamuan agung peringatan HJL, Rabu (26/5) di Pendopo Lokatantra.

Selain Sippoma, juga ada empat aplikasi layanan masyarakat yang diluncurkan pada momen HJL tahun ini dengan tujuan menghadirkan pemerintahan yang dekat dengan masyarakat.

BACA JUGA : 

Lamongan Gandeng Guru Besar IPB Wujudkan Sentra Peternakan Rakyat

Sambil Sosialisasi PPKM Level 4, Bupati Lamongan Salurkan Bantuan Kepada Pedagang

Pantau Dampak PPKM Darurat, Bupati Yuhronur Bagikan Beras dan Uang pada Tukang Becak dan Parkir

Aplikasi POL, Solusi Berbelanja Masyarakat Lamongan Saat PPKM Darurat

“Banyak perubahan-perubahan yang terjadi belakangan ini, baik perubahan perilaku bahkan pandemi yang mengharuskan pemerintah mengikuti perkembangan tersebut. Kita dituntut menjadi lebih aspiratif dan adaptif, sehingga mampu hadir di tengah masyarakat lebih dekat. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Lamongan melakukan digitaliasai pemerintahan," ucapnya.

Dijelaskan Yuhronur,  5 aplikasi yang memudahkan layanan kepada masyarakat yakni Digital Signature (Tanda Tangan Elektronik), Program 3 in 1, i Lamongan, Sippoma, dan Lapor Pak.

Ia mebeberkan, untuk Digital Signature terdapat beberapa OPD yang telah menggunakan, salah satunya yakni DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu)..

Program 3 in 1, dikeluarkan oleh Disdukcapil. Yakni setiap mereka yang melahirkan di rumah sakit ataupun puskesmas saat pulang akan mendapat dokumen kependudukan berupa Kartu Keluarga Baru, Akta Anak, dan Kartu Induk Anak (KIA).

Sedangkan, i Lamongan merupakan aplikasi dari Perpustakaan Daerah Lamongan yang menyajikan perpustakaan digital Lamongan sehingga bisa membaca buku di rumah saja. Aplikasi bisa di-download secara gratis baik melalui Google Playstore maupun Appstore serta desktop melalui alamat http://ilamongan.moco.co.id/.

Sementara untuk aplikasi Lapor Pak (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) merupakan layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat dengan motto “Berani lapor untuk pelayanan publik yang lebih baik”.

Melalui aplikasi tersebut, semua keluhan masyarakat bisa disampaikan dan akan ditindaklanjuti secepatnya oleh pemerintah daerah.

“Harapannya, ke depan Pemerintah Kabupaten Lamongan dapat memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, memberikan kemudahan, dan memperbaikai kualitas layanan,” ujarnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP,Agus Cahyono menegaskan, aplikasi Sippoma merupakan solusi pelayanan publik berbasis online dan mandiri dari DPMPTSP. Sippoma memberikan solusi bagi masyarakat dan dunia usaha dalam melakukan proses pelayanan perizinan yang cepat, mudah, transparan, serta profesional.

"Pemohon perizinan bisa memantau dan mengawal dari rumah sampai mana proses perizinannya, apa saja yang kurang dan perlu dilengkapi," pungkasnya. (qom/ian) 

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...