Sabtu, 24 Juli 2021 08:48

Permudah Masyarakat Urus Perizinan, DPMPTSP Lamongan Segera Luncurkan Aplikasi SIPPOMA

Selasa, 25 Mei 2021 17:07 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Permudah Masyarakat Urus Perizinan, DPMPTSP Lamongan Segera Luncurkan Aplikasi SIPPOMA
Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Lamongan Agus Cahyono. (foto: ist)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Pemkab Lamongan terus berkomitmen memberikan pelayanan prima, mudah, dan cepat. Wujud komitmen tersebut dilakukan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dengan meluncurkan aplikasi SIPPOMA (Sistem Pelayanan Perizinan Online dan Mandiri) yang rencananya akan dilakukan Bupati Yuhronur Efendi pada Rabu (26/5/2021) besok di Pendopo Lokatantra.

"Mengurus perizinan dengan SIPPOMA ini lebih efektif dan cepat, ini merupakan inovasi baru kami dalam memberikan pelayanan mudah dan cepat bagi masyarakat," ujar Kepala DPMPTSP Kabupaten Lamongan Agus Cahyono, Selasa (25/5/2021) siang.

Menurut Agus, apabila ingin mengurus izin secara online, masyarakat Lamongan tinggal memasukkan data-data yang diperlukan. "Nanti di situ mengisi biodatanya dan syaratnya di-scan, setelah itu tim kami akan melakukan verifikasi, terus kami proses perizinannya," katanya.

Menurut Agus, munculnya inovasi SIPPOMA sebagai upaya meminimalisasi kehadiran pemohon di konter pelayanan perizinan, guna pencegahan penyebaran Covid-19. Semula, pemohon harus datang sendiri ke konter pelayanan perizinan, tapi sekarang dapat melalui pelayanan secara online (Hotline WA 085230891169, Email: [email protected]) dan melalui jasa pengiriman (Grab/Gojek, Pos, dll).

BACA JUGA : 

Sebelum Jalani Vaksinasi Covid-19, Pelatih Persela Iwan Setiawan Mengaku Grogi

Aplikasi POL, Solusi Berbelanja Masyarakat Lamongan Saat PPKM Darurat

Pengisian Jabatan Sekdes Dermolemahbang, Camat Sarirejo Minta Dilakukan Secara Transparan

Pastikan Berjalan Lancar, Bupati Yuhronur Tinjau Percepatan Vaksinasi untuk Anak

"Kami berupaya memberikan pelayanan perizinan mudah tanpa ribet, sehingga masyarakat mendapatkan apa yang menjadi haknya dalam melakukan usaha," ujarnya.

Namun sayangnya, kata Agus, kini masih banyak masyarakat Kabupaten Lamongan yang belum memanfaatkan aplikasi secara online. Kebanyakan warga Lamongan masih suka mengurus izin secara manual.

"Padahal dengan SIPPOMA itu lebih cepat, cuma rata-rata masyarakat tidak memanfaatkan itu, karena masyarakat sendiri lebih suka yang manual datang sendiri," tuturnya.

Meski demikian, ia mengklaim tren masyarakat Lamongan dalam mengurus perizinan mengalami peningkatan. "Kalau manual sehari untuk SIUP, TDP bisa 30 izin, pelayanan kesehatan sehari bisa 20 sampai 30 izin," katanya.

Dalam kesempatan ini, Agus juga menegaskan DPMPTSP Kabupaten Lamongan tidak memungut biaya pada pengurusan perizinan, kecuali IMB (Izin Mendirikan Bangunan).

"Pengurusan perizinan tidak dipungut biaya alias gratis, dan petugas akan melakukan pendampingan bagi masyarakat yang melakukan pengurusan secara mandiri," pungkasnya. (qom/zar)

HUT ke-7 BANGSAONLINE.com, Dimeriahkan Lomba Desain Logo dan Tumpengan Bersama Anak Yatim
Sabtu, 24 Juli 2021 01:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-7 BANGSAONLINE.com berlangsung khidmat dengan mengikuti protokol kesehatan secara ketat. HUT ke-7 BANGSAONLINE.com digelar secara terbatas, tapi tetap mengundang para anak yatim untuk doa bersama...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 20 Juli 2021 16:57 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan - Saya ingat ketika sekolah madrasah di kampung. Nama sekolah saya Madrasah Miftahul Choir. Di Desa Patemon, Kecamatan Tanah Merah. Kabupaten Bangkalan Madura.Ustadz Tasik, guru saya, selalu mengingatkan tentang dua kerusa...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...