Rabu, 28 Juli 2021 19:40

Pimpinan DPRD Jatim Yakin 100 Persen Tak Ada Niatan Gubernur Khofifah Gelar Pesta Ultah

Senin, 24 Mei 2021 22:32 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M Didi Rosadi
Pimpinan DPRD Jatim Yakin 100 Persen Tak Ada Niatan Gubernur Khofifah Gelar Pesta Ultah
Sahat Tua Simanjuntak, S.H., M.H., Wakil Ketua DPRD Jatim. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Masih ramainya polemik seputar perayaan ulang tahun Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang diinisiasi sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim, hingga munculnya sejumlah aksi di kantor DPRD Jatim, akhirnya direspons oleh pimpinan DPRD Jatim.

Bahkan para pimpinan DPRD Jatim sengaja mengundang sejumlah kepala OPD dipimpin langsung Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono untuk memberikan klarifikasi atas kejadian yang memicu respons publik yang cenderung bernada negatif.

Wakil ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak usai pertemuan tertutup mengatakan bahwa pihaknya memang memantau perkembangan informasi dari berbagai daerah, khususnya yang sedang viral di media sosial, yakni seputar perayaan ulang tahun Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

"Tapi kita berpositif thinking, bahwa semua ini harus dikembalikan pada niatnya. Saya yakin 100 persen, bahkan 1000 persen Gubernur Khofifah tak ada niatan merayakan pesta ulang tahun," ujar alumnus Fakultas Hukum Universitas Surabaya (Ubaya) itu, Senin (24/5/2021).

BACA JUGA : 

Pro Kontra Hak Angket untuk Gubernur Khofifah, Sahat Tua: Secara Konstitusi Belum Ada Pelanggaran

Khofifah Launching Rumah Kurasi di Kediri untuk Peningkatan Kualitas Ekspor Produk UMKM

Gubernur Khofifah Bagikan Sembako Bagi Warga Kampung Topeng Malang

Gubernur Khofifah Resmikan Stasiun Pengisian Oksigen Gratis di Malang Raya

Sementara terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan, Sahat mengaku mendapat informasi dari penjelasan Sekdaprov, bahwa laporannya sudah sampai ke Polda Jatim.

"Dalam waktu dekat Pak Sekda juga akan memberikan klarifikasi dan keterangan pada polda. Kalau tidak hari ini atau besok, tapi selaku penanggung jawab eksekutif beliau akan memenuhi panggilan. Ya kita tunggu perkembangannya seperti apa, kita sih masih positive thinking," jelas politikus Partai Golkar ini.

Sahat menegaskan bahwa pihaknya masih yakin Gubernur Khofifah dengan semangatnya untuk menurunkan angka Covid-19 di Jatim tidak akan lengah urusan dengan begitu.

"Tetapi kita harus kembalikan bahwa yang paling penting itu kita harus bisa membuktikan niatnya. Dan saya yakin ibu tidak ada niat untuk itu. Dalam situasi yang sangat terbuka dan mudah viral seperti saat ini, saya yakin tidak ada niatan ibu untuk merayakan HUT-nya di Grahadi dalam bentuk keramaian seperti ini," tegas Sekretaris DPD Partai Golkar Jatim tersebut.

Kemudian bagaimana dengan kedatangan artis Katon Bagaskara? "Sebagaimana penjelasan Pak Sekda, satu hari sebelumnya kebetulan mereka memang ada di Jatim dan itu kebetulan teman-temannya Pak Sekda yang diminta spontanitas untuk datang," terang Sahat.

"Jadi ini menurut saya, ya lupakan acara yang tak disengaja. Dan berkaitan dengan itu, saya sepakat untuk dilakukan pembinaan secara administratif kepegawaian kalau itu melibatkan beberapa kepala OPD yang hadir," imbuhnya.

Terkait tanggapan yang beragam dari masyarakat, sahat mengaku sangat menghargai sekaligus mengingatkan, bahwa menjadi pejabat publik harus punya kontrol dan bisa memahami reaktif dari masyarakat.

"Kami ini tidak tahu acara itu karena kami tidak ada undangan. Tapi setelah kita mencoba untuk mendapatkan beberapa informasi dari Pak Sekdaprov, menurut beliau bahwa itu sifatnya spontanitas dan bukan acara ultah, tapi penyerahan buku perkembangan penanganan Covid-19 di Jatim yang ditulis teman-teman akademisi dari Unair Surabaya yang kebetulan bertepatan dengan hari ulang tahun gubernur," pungkas Sahat. (mdr/rev)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...