Petugas Gabungan Amankan Kedatangan Ribuan Santri Lirboyo

Petugas Gabungan Amankan Kedatangan Ribuan Santri Lirboyo Petugas dan panitia menghentikan setiap mobil pengantar di pintu gerbang Ponpes Lirboyo, untuk disemprot disinfektan. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Petugas Gabungan dari , TNI, Dishub, Dinkes, dan Satpol PP , bersatu padu ikut mengamankan kembalinya ribuan santri ke Pondok Pesantren Tangguh Lirboyo, Minggu (23/5).

Demi kelancaran kegiatan tersebut, 100 personel polisi dan TNI disiagakan guna membantu panitia Ponpes Lirboyo mengamankan kembalinya santri Lirboyo.

Sesuai rencana, kedatangan santri dimulai hari Minggu (23/5) hingga Rabu (26/5). Perkiraan jumlah kedatangan santri per harinya sekitar 8.000 santri dari total 25.000 santri.

Kapolres Kediri Kota AKBP Eko Prasetyo mengatakan kedatangan santri Lirboyo ini akan dilakukan secara bertahap. Dimulai dari wilayah Pulau Jawa, Jabodetabek, Banten, Luar Jawa, dan Luar Negri.

Sebelum datang ke pondok, para santri diwajibkan melaksanakan isolasi mandiri di rumah masing-masing minimal 3 hari sebelum keberangkatan.

"Santri yang hadir pada hari ini belum secara total keseluruhan, kedatangan akan dilakukan secara bertahap melihat kondisi yang ada," ujar AKBP Eko Prasetyo, Minggu (23/5).

Ia menambahkan, bahwa santri yang datang diwajibkan membawa surat Rapid Antigen atau GeNose dengan hasil negatif. Petugas kesehatan dari pun disiagakan di check point untuk mengecek kesehatan santri.

"Anggota dari tim kesehatan juga melakukan pemeriksaan kesehatan pada santri yang baru datang, cek riwayat kesehatan dan asal daerah santri guna meminimalisir penyebaran Covid-19," ujar kapolres.

Sejak pagi, personel gabungan juga telah melakukan pengaturan arus lalu lintas dan kendaraan yang datang. Polisi dan panitia melakukan pemeriksaan kesehatan dan penyemprotan disinfektan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO