Teken MoU, Pemkab Pamekasan Kerja Sama dengan Unair Surabaya Adakan Beasiswa Jurusan Kedokteran

Teken MoU, Pemkab Pamekasan Kerja Sama dengan Unair Surabaya Adakan Beasiswa Jurusan Kedokteran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pamekasan Akhmad Zaini. (foto: ist)

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan resmi menjalin kerja sama dengan Universitas Airlangga () Surabaya terkait pemberian beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu pada jurusan kedokteran.

Kerja sama tersebut dibuktikan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Akhmad Zaini dengan Surabaya, Selasa (11/5/2021) lalu.

Kepala Disdikbud Pamekasan Akhmad Zaini menyampaikan, kerja sama dengan itu diwujudkan pada jalur mandiri kemitraan jurusan kedokteran. Beasiswa tersebut khusus bagi kaum muda Pamekasan yang memiliki kemampuan akademik, namun ekonominya terbatas.

"Tanpa MoU itu, kita tidak bisa memberikan rekomendasi untuk jalur mandiri kemitraan itu," kata Akhmad Zaini, Selasa (18/5/2021).

Mantan Kabag Kesra itu menerangkan, salah satu poin yang termaktub dalam teks MoU tersebut menerangkan bahwa melakukan kerja sama di bidang tridarma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Menurutnya, sangat mengapresiasi MoU yang dilakukan lantaran dianggap memiliki kepedulian tinggi terhadap investasi sumber daya manusia (SDM) masa depan. Pemberian beasiswa itu merupakan realisasi dari salah satu program prioritas Bupati Pamekasan Baddrut Tamam di bidang pendidikan dengan memfasilitasi masyarakat tidak mampu untuk kuliah di jurusan kedokteran. Targetnya, lahir dokter-dokter berkualitas dari kalangan orang tidak mampu yang nantinya bisa bermanfaat untuk masyarakat.

"Kita tunggu saja, Insya Allah tahun ini ada yang berminat ikut beasiswa yang difasilitasi ini. Kita ingin membantu masyarakat yang memiliki kemampuan akademik, namun terbatas kemampuan ekonominya untuk kuliah di jurusan kedokteran yang membutuhkan dana besar," pungkasnya. (yen/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO