​Suasana Idul Fitri, Bunga Tabebuya Bermekaran, Percantik Jalanan Surabaya, Warga Berswafoto

​Suasana Idul Fitri, Bunga Tabebuya Bermekaran, Percantik Jalanan Surabaya, Warga Berswafoto Bunga tabebuya berwarna kuning yang bermekaran di jalan-jalan prokotol Kota Surabaya. Foto: bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga , khususnya yang berwarna kuning, bermekaran lagi di jalanan Kota . Bunga berwarna kuning indah itu semakin mempercantik jalanan, terutama jalan protokol pada saat Idul Fitri atau lebaran kali ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) , Anna Fajriatin menjelaskan, Bunga Tabebuya itu biasanya mekar pada saat cuaca panas, sehingga sebelum lebaran hingga saat ini, bunga tersebut sudah mulai bermekaran.

Menurut dia, kalau terkena angin, bunga itu akan rontok dan yang lain akan mekar lagi. “Uniknya, yang mekar kali ini rata-rata " rel="tag">bunga yang berwarna kuning, padahal spesiesnya ada putih dan pink juga,” kata Anna, Sabtu (15/5/2021).

Menurut dia, yang menjadi salah satu ikon itu sudah menyebar di berbagai titik di seluruh kota, terutama di pinggir jalan protokol. Bahkan, yang mekar saat ini rata-rata yang ada di jalan-jalan protokol, sehingga menambah cantik jalanan di saat momen lebaran kali ini.

Ia menjelaskan bahwa hampir semua jalanan sudah ditanami " rel="tag">bunga , karena setiap rayon di DKRTH melakukan penanaman Tabebuya sehingga jumlahnya sudah sangat banyak se-.

Pemerintah Kota (Pemkot) menanam di pinggir-pinggir jalan itu sejak beberapa tahun lalu. Tiap tahun jumlahnya terus diperbanyak. Pada 2020, total yang keluar atau yang ditanam lebih dari seribu batang.

Kemudian tahun 2021 hingga bulan ini, jumlah yang keluar atau yang ditanam sudah lebih dari 500 batang. Untuk spesiesnya ada tiga, yaitu kuning, pink, dan putih.

Tabebuya dipilih untuk ditanam pinggir jalan karena dari segi kualitas bunganya menarik, dan pohonnya cepat tumbuh besar. Di sisi lain, tanaman tersebut tetap tumbuh dengan baik di iklim apapun.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO