Bangkit dan Bersatu Lawan Hoaks, ​DPRD Kabupaten Kediri Gelar Diskusi Tematik Bersama Media Massa

Bangkit dan Bersatu Lawan Hoaks, ​DPRD Kabupaten Kediri Gelar Diskusi Tematik Bersama Media Massa Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto saat memberi sambutan dan membuka acara diskusi. (foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - DPRD Kabupaten Kediri bersama dengan media massa setempat menggelar diskusi tematik bertemakan "Bangkit dan Bersatu Melawan di Masa Pandemi", Senin (10/5/2021).

Sebagaimana diketahui, atau palsu saat ini marak beredar di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, maupun WhatsApp. Perkembangan telepon pintar yang sangat pesat saat ini, membuat masyarakat semakin mudah mengakses beragam informasi dan berita hanya dalam genggaman tangan. Imbasnya, berita palsu ikut tersebar dengan mudah yang bagi sejumlah orang malah diyakini sebagai kebenaran.

Hari Tri Wasono, salah satu narasumber diskusi menjelaskan salah satu cara untuk memverifikasi berita atau informasi di medsos hoaks atau bukan. Yakni, dengan mencari informasi pembanding, terutama di media massa mainstream.

"Di media massa mainstream, sebuah berita pasti sudah terverifikasi baik, siapa narasumber maupun pihak-pihak lain yang terkait dengan berita itu," kata Hari, Jurnalis Tempo yang juga Mantan Ketua tersebut, Senin (10/5/2021).

Sementara itu, Dodi Purwanto, Ketua DPRD Kabupaten Kediri mengatakan bahwa diskusi ini digelar dalam rangka menyemarakkan Hari Kebangkitan Nasional. 

"Diskusi ini dimaksudkan agar rekan-rekan media dan masyarakat pada umumnya bisa bersatu melawan . Berita hoax itu sudah ada sejak dahulu kala. Untuk itu, dalam menyikapinya perlu kearifan dan perlu melakukan cek & ricek," pungkas Dodi. 

Selain dihadiri jurnalis di Kediri, DPRD Kabupaten Kediri juga mengundang beberapa kawan difabel yang tergabung dalam Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Kediri yang diketuai Umi Salamah. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO