Kamis, 24 Juni 2021 19:14

Wali Kota Kediri Luncurkan Pusaka, Toko dan Swalayan Modern Wajib Sediakan Etalase untuk Produk UMKM

Jumat, 07 Mei 2021 17:18 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Wali Kota Kediri Luncurkan Pusaka, Toko dan Swalayan Modern Wajib Sediakan Etalase untuk Produk UMKM
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (tengah) dengan perwakilan toko modern di Kota Kediri usai penandatanganan kerja sama. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Kediri menjalin kerja sama dengan pusat perbelanjaan dan toko swalayan modern Indomaret, Alfamart, Ace Hardware, Informa, dan sejumlah swalayan lainnya untuk memasarkan produk pelaku usaha kecil pada etalase khusus Pusaka (Produk UMKM Asli dari Kota Kediri).

Kesepakatan kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh toko modern dengan UMKM Kota Kediri disaksikan oleh Wali Kota Abdullah Abu Bakar di Ruang Joyoboyo, Pemkot Kediri, Jumat (7/5).

Wali Kota Kediri mengapresiasi kolaborasi toko modern dengan UMKM. Dengan kerja sama ini, produk-produk UMKM unggulan Kota Kediri pada akhirnya bisa lebih dikenal masyarakat karena sudah terdapat di seluruh pusat perbelanjaan dan toko modern.

"Karena akan ada etalase dengan desain khusus yang ditempatkan di lokasi strategis dan mudah dilihat konsumen,” kata wali kota seusai peluncuran Pusaka.

BACA JUGA : 

Kunjungi Kecamatan Pesantren Kota Kediri, Pemkot Samarinda Studi Tiru Prodamas Plus

Gerdal, Solusi Jitu Pemkot Kediri Bersama Petani Bandar Lor Kendalikan Hama Tikus

Digelar Virtual, Wali Kota Kediri Umumkan Pemenang Undian Kenyang Berhadiah Pajak Restoran

Dekatkan Sasaran, Vaksinasi Lansia Burengan Kota Kediri Digelar di Kelurahan

Dalam kesempatan itu, ia juga mengungkapkan filosofi penamaan Pusaka. “Kenapa namanya Pusaka? Karena saya yakin UMKM ini menjadi pusaka (senjata) yang ampuh dalam menghadapi situasi pandemi. Sektor UMKM telah terbukti tahan dari guncangan ekonomi selama setahun terakhir saat dunia dilanda pandemi Covid-19,” jelas Abdullah Abu Bakar.

Ia berharap dengan adanya Pusaka, masyarakat ke depan bisa lebih bangga memakai dan mengonsumsi produk asli Kota Kediri yang telah naik kelas tersebut. Pelaksanaan kemitraan Pusaka dengan toko modern ini akan dilakukan berkelanjutan dan ditingkatkan setiap tahun.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Moh. Anang Kurniawan menegaskan, bahwa Pusaka merupakan salah satu bentuk realisasi dari upaya Pemerintah Kota Kediri dalam memberikan kemudahan penanaman modal dalam bentuk percepatan pelayanan kepada UMKM.

Menurut Anang, Pusaka merupakan bentuk inovasi Pemerintah Kota Kediri dalam pengembangan investasi dan peningkatan iklim usaha yang kondusif bagi penanaman modal untuk penguatan daya saing perekonomian daerah.

“Dengan kemudahan berinvestasi di Kota Kediri, imbal baliknya pusat perbelanjaan dan toko modern wajib ikut terlibat menaikkan level produk UMKM Kota Kediri dengan menjual dan memajang pada etalase khusus tematik agar mudah dikenali pembeli,” tambah Anang Kurniawan.

Anang menambahkan, pelaku UMKM yang akan bermitra dengan swalayan melalui Pusaka harus merupakan binaan dinas teknis terkait. (uji/rev)

Pasuruan Zona Merah, Vaksinasi Digencarkan
Selasa, 22 Juni 2021 23:42 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Polres Pasuruan Menggelar Vaksinasi Massal Selasa Siang Tadi(22/06/2021). Vaksinasi Ini Dilakukan Di Alam Terbuka, Tepatnya Di Wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan. Warga Terlihat Antusias Mengantre Untuk Mengikuti Vaksi...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Kamis, 24 Juni 2021 07:56 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sejak Covid-19 melonjak lagi secara drastis, penanganan Covid-19 tampak kewalahan. Vaksinasi belum maksimal. Alternatif lain belum mendapat izin. Bahkan konvalesen kini jadi barang langka.Benarkah? Silakan simak tuli...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...