Wali Kota Kediri Luncurkan Pusaka, Toko dan Swalayan Modern Wajib Sediakan Etalase untuk Produk UMKM

Wali Kota Kediri Luncurkan Pusaka, Toko dan Swalayan Modern Wajib Sediakan Etalase untuk Produk UMKM Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (tengah) dengan perwakilan toko modern di Kota Kediri usai penandatanganan kerja sama. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Kediri menjalin kerja sama dengan pusat perbelanjaan dan toko swalayan modern Indomaret, Alfamart, Ace Hardware, Informa, dan sejumlah swalayan lainnya untuk memasarkan produk pelaku usaha kecil pada etalase khusus Pusaka (Produk UMKM Asli dari Kota Kediri).

Kesepakatan kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh toko modern dengan disaksikan oleh Wali Kota Abdullah Abu Bakar di Ruang Joyoboyo, Pemkot Kediri, Jumat (7/5).

Wali Kota Kediri mengapresiasi kolaborasi toko modern dengan UMKM. Dengan kerja sama ini, produk-produk UMKM unggulan Kota Kediri pada akhirnya bisa lebih dikenal masyarakat karena sudah terdapat di seluruh pusat perbelanjaan dan toko modern.

"Karena akan ada etalase dengan desain khusus yang ditempatkan di lokasi strategis dan mudah dilihat konsumen,” kata wali kota seusai peluncuran Pusaka.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengungkapkan filosofi penamaan Pusaka. “Kenapa namanya Pusaka? Karena saya yakin UMKM ini menjadi pusaka (senjata) yang ampuh dalam menghadapi situasi pandemi. Sektor UMKM telah terbukti tahan dari guncangan ekonomi selama setahun terakhir saat dunia dilanda pandemi Covid-19,” jelas Abdullah Abu Bakar.

Ia berharap dengan adanya Pusaka, masyarakat ke depan bisa lebih bangga memakai dan mengonsumsi produk asli Kota Kediri yang telah naik kelas tersebut. Pelaksanaan kemitraan Pusaka dengan toko modern ini akan dilakukan berkelanjutan dan ditingkatkan setiap tahun.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Moh. Anang Kurniawan menegaskan, bahwa Pusaka merupakan salah satu bentuk realisasi dari upaya Pemerintah Kota Kediri dalam memberikan kemudahan penanaman modal dalam bentuk percepatan pelayanan kepada UMKM.

Menurut Anang, Pusaka merupakan bentuk inovasi Pemerintah Kota Kediri dalam pengembangan investasi dan peningkatan iklim usaha yang kondusif bagi penanaman modal untuk penguatan daya saing perekonomian daerah.

“Dengan kemudahan berinvestasi di Kota Kediri, imbal baliknya pusat perbelanjaan dan toko modern wajib ikut terlibat menaikkan level produk dengan menjual dan memajang pada etalase khusus tematik agar mudah dikenali pembeli,” tambah Anang Kurniawan.

Anang menambahkan, pelaku UMKM yang akan bermitra dengan swalayan melalui Pusaka harus merupakan binaan dinas teknis terkait. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO