Sabtu, 19 Juni 2021 19:40

Hari Bumi, Mahasiswa dan PKSM Pamekasan Bagikan Takjil dan Bibit Pohon

Kamis, 22 April 2021 19:30 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yeyen
Hari Bumi, Mahasiswa dan PKSM Pamekasan Bagikan Takjil dan Bibit Pohon
Para Mahasiswa Pecinta Alam Mahapala Unira serta Komunitas Pecinta Alam dan Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) Pamekasan saat orasi "bumi bebas sampah" di area Arek Lancor.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Dalam memperingati momentum Hari Bumi, para Mahasiswa Pecinta Alam Mahapala Universitas Madura (Unira) serta Komunitas Pecinta Alam dan Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) Pamekasan menggelar pembagian ratusan bibit tanaman keras dan takjil di area Monumen Arek Lancor, Kamis (22/04/21) sore.

Takjil dan bibit pohon itu dibagikan kepada para pengendara yang lewat di kawasan Monumen Arek Lancor. Ratusan bibit pohon keras ini merupakan hasil penyemaian dan pembibitan KTH binaan Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Provinsi Jatim Wilayah Sumenep.

Tidak hanya kegiatan pembagian bibit serta takjil, mereka juga melakukan orasi bebas sampah. Bahkan, besok rencananya mereka juga akan melakukan kegiatan penanaman pohon, dan aksi bersih lingkungan.

Ketua Umum Mahapala Unira, Syaiful Jayadi mengungkapkan bahwa pihaknya sengaja mengemas peringatan Hari Bumi dengan konsep berbagi dan sosialisasi bebas sampah. Kata dia, kegiataan ini terealisasi atas kerja sama dengan pihak CDK dan PKSM Pamekasan.

BACA JUGA : 

Antisipasi Kekurangan Air Bersih, Rumah Zakat Resmikan Bantuan Sumur Bor di Pamekasan

Wali Kota Maidi: Kita Beruntung Punya Pancasila, Benteng Ideologi Penjaga Persatuan Bangsa

Bobol Data Kartu Kredit untuk Transaksi Mata Uang Kripto, 4 Mahasiswa Diamankan Polda Jatim

Diduga Hendak Mandi, Nenek di Pamekasan Tewas Terjatuh di Sumur Sedalam 40 Meter

"Alhamdulillah, kami bisa bergerak dan bersosialisasi dengan orasi bebas sampah meski dalam suasana Ramadan dan pandemi. Sore ini kita bagikan ratusan bibit, takjil, dan seruan pentingnya budaya menanam di rumah warga," ungkapnya pada rekan media.

"Semua agenda kita lakukan dengan nuansa penanaman, baik di luar kampus maupun di lingkungan kampus, dalam rangkaian kegiatan Hari Bumi tahun ini," ujarnya.

Sementara itu, A. Katri Atmodjo perwakilan dari CDK Wilayah Sumenep Wilker Pamekasan mengapresiasi kegiatan para mahasiswa pecinta alam di Bumi Gerbang Salam itu. Pihaknya juga mengajak semua lapisan masyarakat lainnya untuk memulai gerakan menanam di pekarangan.

"Harapannya, dengan membudayakan menanam, maka akan tumbuh kebiasaan baru masyarakat dalam melestarikan lingkungan sekitar. Dan dalam skup besar serta global nantinya, kita mampu menjadi satu gerakan semesta dalam menghijaukan bumi dengan basis pemberdayaan masyarakat," katanya.

Kasi Rehabilitasi Lahan dan Pemberdayaan Masyarakat ini, juga secara khusus mengajak tim penyuluh kehutanan berbasis pemberdayaan masyarakat untuk turut berbaur dengan para mahasiswa. Keguyuban ini merupakan modal besar dalam menggerakkan peran serta masyarakat di bidang lingkungan hidup ke depan.

"Keberlangsungan lingkungan hidup dan kelestarian hutan merupakan tanggung jawab bersama. Ketika setiap elemen di masyarakat bergerak maka semakin efektif upaya kita menghijaukan kembali bumi ini, Selamat Hari Bumi 2021 pada segenap masyarakat Madura," pungkasnya. (yen/ian)

Gelar Pertemuan, Anggota Poktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota Gapoktan Sumber Rejeki mendatangi rumah Sumadi, yang juga menjabat kepala Dusun, untu...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Sabtu, 19 Juni 2021 07:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terut...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...