Sabtu, 19 Juni 2021 20:18

Wabup Subandi Dorong Desa dan Kecamatan Bentuk Satgas Sungai dan Jalan

Rabu, 21 April 2021 21:34 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Musta'in
Wabup Subandi Dorong Desa dan Kecamatan Bentuk Satgas Sungai dan Jalan
SIDAK: Wabup Subandi melihat sebuah sungai yang dipenuhi sampah di Desa Ketajen, Gedangan, Rabu (21/4/2021). foto: istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Desa dan kecamatan didorong membentuk satuan tugas (satgas) penanganan kebersihan sungai dan kerusakan jalan. Tujuannya agar penanganan masalah sungai kotor dan jalan rusak bisa segera dilakukan.

"Kita harapkan, Insyaallah desa itu harus punya Satgas. Camat punya Satgas. Tujuannya untuk harmonisasi, biar nanti kalau ada seperti (sampah sungai) ini mudah untuk ditangani," cetus Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo Subandi saat sidak sungai penuh sampah di kawasan Sedati dan Gedangan, Rabu (21/4/2021).

Kata Wabup Subandi, permasalahan sungai maupun jalan menjadi permasalahan bersama. Sehingga dibutuhkan koordinasi dan sinkronisasi agar bisa cepat menanganinya. Oleh karenanya, dukungan desa dan kecamatan sangat diperlukan.

Wabup menambahkan, pihaknya merencanakan tiap kecamatan memiliki satu alat berat (begho) untuk menormalisasi sungai. Kecamatan bisa langsung memakai alat itu tanpa menunggu dari dinas terkait.

BACA JUGA : 

Seribu Pelaku Usaha Pariwisata di Sidoarjo Divaksin Covid-19 Tahap Dua

Kapolresta Sidoarjo Perkuat Sinergitas dengan Jajaran Forkopimda

Gelar Sosialisasi, DPMPTSP Sidoarjo Siap Luncurkan Sistem Perizinan Lebih Cepat Melalui OSS RBA

Polsek Krembung Sidoarjo Kawal Vaksinasi di Pura Agung Margo Wening

Ditegaskan wabup, dia bersama Bupati Ahmad Muhdlor bakal terus melakukan sidak sungai dan jalan. Terkait perbaikan jalan menggunakan skema PIWK (Pagu Indikatif Wilayah Kecamatan), diakuinya banyak manfaatnya.

Salah satunya penanganan perbaikan jalan dapat segera dilakukan. Pasalnya, perbaikan jalan menggunakan dana PIWK dilakukan secara swakelola. Kecamatan dapat langsung memperbaiki jalan tanpa perlu tender.

Masih kata wabup, perbaikan jalan yang dilakukan kecamatan hanya bersifat sementara. Hanya perawatan terhadap kerusakan jalan. Nantinya akan ada program betonisasi di seluruh jalan Kabupaten Sidoarjo.

Dengan pembetonan tersebut diharapkan Pemkab Sidoarjo tidak lagi pusing memikirkan kerusakan jalan yang kerap terjadi. "PIWK ini hanya sementara, sifatnya hanya perawatan," ucap Subandi yang juga Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sidoarjo ini.

Selain sidak pendangkalan sungai dan sungai penuh sampah, Subandi juga sidak perbaikan Jalan Nangka, Desa Sruni, Gedangan. Setelah itu berlanjut sidak kerusakan jalan Desa Keboharan, Krian dan perbaikan Jalan Setiabudi di depan Puskesmas Krian. (sta/ian)

Gelar Pertemuan, Anggota Poktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota Gapoktan Sumber Rejeki mendatangi rumah Sumadi, yang juga menjabat kepala Dusun, untu...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Sabtu, 19 Juni 2021 07:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terut...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...