Kecewa Eksekutif Tak Sampaikan LHP BPK, Anggota DPRD Jombang Boikot Paripurna LKPJ

Kecewa Eksekutif Tak Sampaikan LHP BPK, Anggota DPRD Jombang Boikot Paripurna LKPJ Suasana rapat paripurna di gedung DPRD Jombang tampak lengang. foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 27 atau separuh anggota DPRD Jombang tidak hadir dalam rapat paripurna penyampaian nota Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Jombang Tahun Anggaran 2020. Hal ini lantaran mereka kecewa dengan pihak eksekutif.

Sesuai jadwal, agenda tahunan itu seharusnya berlangsung pada Senin (19/04) pukul 10:00 WIB. Namun, agenda itu terpaksa ditunda karena tidak memenuhi syarat jumlah anggota yang hadir atau tidak quorum.

Ketua DPRD Jombang Mas'ud Zuremi mengatakan, paripurna ditunda hingga dua kali pada pagi tadi. Rapat pertama ditunda pada pukul 10:00 WIB, karena kehadiran anggota dewan hanya 21 orang. Sesuai aturan, rapat paripurna bisa digelar minimal dihadiri 33 orang dari total 50 anggota DPRD Jombang.

Maka dari itu diputuskan rapat ditunda selama satu jam. Akan tetapi, setelah satu jam anggota DPRD Jombang hanya hadir sebanyak 23 orang. Ketua DPRD kemudian kembali memutuskan rapat ditunda untuk 3 hari ke depan.

“Sesuai Pasal 77 di tata tertib DPRD itu mengatur terkait paripurna. Di pasal 77 ayat 3, apabila rapat DPRD belum quorum bisa ditunda paling banyak 2 kali. Masing-masing tidak lebih 1 jam. Pimpinan DPRD tadi menawarkan ke anggota, dan memutuskan untuk ditunda sampai dua hari ke depan,” tutur Mas'ud Zuremi saat di ruang rapat paripurna DPRD Jombang, Senin (19/04/21).

Diketahui, menurut catatan absensi di Sekretaris DPRD Jombang, anggota di 3 fraksi seluruhnya bolos pada rapat paripurna tersebut. Yakni Fraksi Demokrat 5 orang, Fraksi Gerindra 4 orang, dan Fraksi PKS-Perindo 5 orang.

Selain itu terdapat pula anggota DPRD lainnya yang bolos rapat paripurna, yakni 4 orang dari Fraksi Golkar, 2 orang Fraksi Amanat Restorasi (PAN-NasDem), serta 7 orang dari Fraksi PDI-P.

“Hanya 23 yang hadir, 27 orang lainnya tidak hadir,” ucap Mas'ud.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO