Selasa, 15 Juni 2021 20:38

Kecewa Eksekutif Tak Sampaikan LHP BPK, Anggota DPRD Jombang Boikot Paripurna LKPJ

Senin, 19 April 2021 16:01 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Aan Amrulloh
Kecewa Eksekutif Tak Sampaikan LHP BPK, Anggota DPRD Jombang Boikot Paripurna LKPJ
Suasana rapat paripurna di gedung DPRD Jombang tampak lengang. foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 27 atau separuh anggota DPRD Jombang tidak hadir dalam rapat paripurna penyampaian nota Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Jombang Tahun Anggaran 2020. Hal ini lantaran mereka kecewa dengan pihak eksekutif.

Sesuai jadwal, agenda tahunan itu seharusnya berlangsung pada Senin (19/04) pukul 10:00 WIB. Namun, agenda itu terpaksa ditunda karena tidak memenuhi syarat jumlah anggota yang hadir atau tidak quorum.

Ketua DPRD Jombang Mas'ud Zuremi mengatakan, paripurna ditunda hingga dua kali pada pagi tadi. Rapat pertama ditunda pada pukul 10:00 WIB, karena kehadiran anggota dewan hanya 21 orang. Sesuai aturan, rapat paripurna bisa digelar minimal dihadiri 33 orang dari total 50 anggota DPRD Jombang.

Maka dari itu diputuskan rapat ditunda selama satu jam. Akan tetapi, setelah satu jam anggota DPRD Jombang hanya hadir sebanyak 23 orang. Ketua DPRD kemudian kembali memutuskan rapat ditunda untuk 3 hari ke depan.

BACA JUGA : 

Dinas Perkim Jombang Gelar Pelatihan PKM untuk Desa Penerima Program Kotaku

Bupati Mundjidah Canangkan Renovasi Masjid di Lingkup Pemkab Jombang

Bupati Jombang Serahkan Beasiswa Pendidikan Program JKM

Jelang Lebaran, Forkopimda Jombang Sidak Pasar Tradisional

“Sesuai Pasal 77 di tata tertib DPRD itu mengatur terkait paripurna. Di pasal 77 ayat 3, apabila rapat DPRD belum quorum bisa ditunda paling banyak 2 kali. Masing-masing tidak lebih 1 jam. Pimpinan DPRD tadi menawarkan ke anggota, dan memutuskan untuk ditunda sampai dua hari ke depan,” tutur Mas'ud Zuremi saat di ruang rapat paripurna DPRD Jombang, Senin (19/04/21).

Diketahui, menurut catatan absensi di Sekretaris DPRD Jombang, anggota di 3 fraksi seluruhnya bolos pada rapat paripurna tersebut. Yakni Fraksi Demokrat 5 orang, Fraksi Gerindra 4 orang, dan Fraksi PKS-Perindo 5 orang.

Selain itu terdapat pula anggota DPRD lainnya yang bolos rapat paripurna, yakni 4 orang dari Fraksi Golkar, 2 orang Fraksi Amanat Restorasi (PAN-NasDem), serta 7 orang dari Fraksi PDI-P.

“Hanya 23 yang hadir, 27 orang lainnya tidak hadir,” ucap Mas'ud.

Terpisah, salah satu anggota Fraksi PKS-Perindo, Ahmad Tohari menyampaikan, ketidakhadiran para anggota dewan ini memang disengaja. Ini sebagai bentuk protes terhadap pihak eksekutif atau Pemkab Jombang.

Mereka kecewa karena Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tidak diberikan ke pihak legislatif. Kemudian, tidak adanya pemaparan LKPJ sebelum rapat paripurna digelar.

“Hari ini, tahapan itu tidak dilakukan oleh Bupati Jombang. Sehingga DPRD merasa ada tahapan yang tidak dilakukan. Bagi kami yang tidak hadir, prosedur itu tidak dilakukan. Ini sebagai protes kami,” terang Tohari.

(Anggota Fraksi PKS-Perindo, Ahmad Tohari saat diwawancarai wartawan)

Aksi protes tersebut, lanjut Tohari, sudah dikomunikasikan dengan fraksi lainnya di DPRD. Menurutnya, keputusan tidak hadir kembali ke rapat paripurna berikutnya akan terulang, bila LHP BPK dan draf LKPJ Bupati tidak disampaikan terlebih dahulu sebelum rapat paripurna berlangsung.

“Sepanjang tuntutan kami tidak dipenuhi, ya pasti akan terulang. Malah prediksi saya akan bertambah yang tidak hadir,” pungkasnya. (aan/rev)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipanggil pr...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...