Senin, 17 Mei 2021 23:11

​Presiden Jokowi Dorong Kepala Daerah Miliki Inovasi dan Prioritas dalam Membuat Kebijakan

Kamis, 15 April 2021 18:06 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ardianzah
​Presiden Jokowi Dorong Kepala Daerah Miliki Inovasi dan Prioritas dalam Membuat Kebijakan

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo (Mas Adi) turut menghadiri acara Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Daerah Terpilih Hasil Pemilu Tahun 2020 di Ruang Rapat Untung Suropati Kota Pasuruan, Rabu (14/4/2021) kemarin.

Rakor yang digelar secara virtual itu dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Menteri Dalam Negeri, Menteri Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, para Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota hasil Pilkada Tahun 2021, para Sekertaris Daerah, Jajaran Forkopimda se-Indonesia, dan tamu undangan lainnya.

Dalam paparanya, Presiden Jokowi mengingatkan bahwa jabatan baru yang telah diamanahkan merupakan tanggung jawab besar. Oleh sebab itu, setiap kepala daerah harus memiliki orientasi pada hasil yang mampu menyejahterakan rakyat, berani berinovasi, dan bekerja dengan kecepatan dan ketepatan tinggi.

"Karena itu sangat dibutuhkan oleh kepala daerah saat ini dalam membentuk kebijakan. Kebijakan yang dibuat harus fokus sesuai dengan skala prioritas yang jelas, sehingga alokasi anggaran lebih fokus dan terkonsentrasi," kata Jokowi.

BACA JUGA : 

Ngobati Kangen, Ngelebur Duso: Gus Ipul-Mas Adi Halal Bihalal Virtual Bersama Warga Kota Pasuruan

Wali Kota Pasuruan Izinkan Warganya Takbiran dan Mudik Lebaran, Asalkan...

Songsong Digitalisasi UMKM, Wali Kota Pasuruan Luncurkan Aplikasi Si Duta dan Kurma

Bersama TP PKK Kota Pasuruan, Fatma Foundation Salurkan Ribuan Sembako Untuk Tenaga Harian Lepas

"Saya titip buat satu, dua, atau tiga saja kegiatan besar yang anggarannya dikonsentrasikan ke sana, sehingga hasilnya bisa dilihat dan dirasakan oleh masyarakat," pinta presiden.

(Gus Ipul dan Mas Adi bersama Forkopimda Kota Pasuruan hadiri rakor kepala daerah virtual se-Indonesia)

Menurut Jokowi, dengan adanya skala prioritas, pembangunan akan bisa difokuskan tanpa perlu melakukan pembagian anggaran secara merata kepada seluruh dinas.

"Usahakan agar belanja pembangunan, belanja modal, bisa lebih besar dari belanja aparatur. Biar kelihatan mana prioritas, mana yang menjadi unggulan," tutur Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi ingin setiap daerah terus berupaya menekan angka penyebaran Covid-19 yang saat ini semakin melandai.Oleh sebab itu, Jokowi menekankan pada setiap kepala daerah untuk tidak memperlambat izin investasi. Karena investasi dapat memberi income pada negara.

Selain dapat meningkatkan ekonomi daerah, investasi juga dapat meningkatkan ekonomi nasional. "Apa yang saya sampaikan tolong dilakukan sehingga ekonomi kita bisa tumbuh dengan baik pada kondisi normal," tutup Jokowi. (ard/ian)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Sabtu, 15 Mei 2021 22:16 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga tabebuya, khususnya yang berwarna kuning, bermekaran lagi di jalanan Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning indah itu semakin mempercantik jalanan, terutama jalan protokol pada saat Idul Fitri atau lebaran kali i...
Senin, 17 Mei 2021 18:27 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Munculnya buzzer dan influencer dalam media sosial (medsos) mengungkap realitas sosial keagamaan secara telanjang. Fenomena ini terlihat dari konten atau narasi yang diproduksi para buzzer dan influencer. Umpatan kasar...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...