Senin, 17 Mei 2021 23:33

Susah Dapat Jam Mengajar, Guru Bahasa Inggris SD di Gresik Wadul Wabup Bu Min

Kamis, 15 April 2021 15:22 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Susah Dapat Jam Mengajar, Guru Bahasa Inggris SD di Gresik Wadul Wabup Bu Min
Wabup Bu Min ketika menemui para guru bahasa Inggris. (foto: SYUHUD/BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sejumlah guru yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) mata pelajaran bahasa Inggris tingkat SD mengadukan nasibnya kepada Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah (Bu Min), Kamis (15/4/2021).

Sembilan orang guru itu dipimpin oleh Ngatijan dan Kadek Ayu, keduanya Pembina dan Ketua KKG. Dalam pertemuan tersebut, mereka menyampaikan keluh kesah karena sebagian besar para guru bahasa Inggris SD tidak bisa mengajar sebagaimana mestinya.

"Sejak berlakunya kurikulum 2013, pelajaran bahasa Inggris untuk SD tidak lagi menjadi mata pelajaran (mapel) di sekolah. Hanya beberapa sekolah yang memberlakukan mapel bahasa Inggris sebagai muatan lokal (mulok). Bahkan beberapa SD di Gresik menjadikan bahasa Inggris sebatas kegiatan ekstrakurikuler," ungkap Ngatijan.

Ngatijan yang pernah menjadi Ketua KKG ini mengungkapkan, kebijakan para kepala sekolah tersebut berimbas kepada banyak guru mapel bahasa Inggris. Mereka tidak mendapatkan jam mengajar dan tidak bisa lagi mengajar bahasa Inggris di sekolah.

BACA JUGA : 

Wabup Bu Min Ingin Ngantor di Desa, Ketua AKD Mendukung

Pabrik Tekstil di Driyorejo Gresik Ludes Dilalap Si Jago Merah

Update Covid-19 di Gresik: Positif Tambah 7 Orang, Sembuh 4

Polres Gresik Perketat Pengamanan Tempat Wisata Pasir Putih Pantai Delegan

"Memang ada solusi, yaitu para guru tersebut melimpah ke SMP. Tapi tidak semudah itu, mengingat SMP yang ada sekarang pelajaran bahasa Inggrisnya telah dikurangi dan masing-masing SMP sudah ada guru bahasa Inggrisnya," jelas Ngatijan.

Sementara Kadek Ayu menambahkan, para guru bahas Inggris saat ini juga tidak mendapat tunjangan sertifikasi akibat tidak mendapat jam mengajar. Menurutnya, peraturan bupati (perbup) saat ini kurang mendukung terhadap berlakunya kurikulum 2013.

"Kami mohon Pemkab Gresik membuat peraturan bupati yang baru untuk menguatkan kami bisa mengajar kembali. Kami menganggap pendidikan bahasa Inggris masih sangat diperlukan di Gresik. Setidaknya di perbup yang baru nanti, pelajaran bahasa Inggris bisa menjadi muatan lokal yang diajarkan di seluruh SD di Kabupaten Gresik," pinta Kadek Ayu.

Sementara itu, Wabup Bu Min berjanji akan mengonsultasikan hal tersebut ke Bagian Hukum Pemkab Gresik. "Kami akan mempelajari semua aduan ini, bagaimanapun saya dulu sebagai pengajar bahasa Inggris. Tentu sangat tahu betul keinginan para guru. Namun demikian, saya tetap akan mengonsultasikan dengan berbagai pihak terkait. Dengan dinas pendidikan terutama dengan Bagian Hukum Pemkab Gresik," katanya.

"Saya meminta semua dasar hukum terkait aduan tersebut termasuk dokumen-dokumen pendukung sebagai rujukan," pungkasnya. (hud/zar)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Sabtu, 15 Mei 2021 22:16 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga tabebuya, khususnya yang berwarna kuning, bermekaran lagi di jalanan Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning indah itu semakin mempercantik jalanan, terutama jalan protokol pada saat Idul Fitri atau lebaran kali i...
Senin, 17 Mei 2021 18:27 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Munculnya buzzer dan influencer dalam media sosial (medsos) mengungkap realitas sosial keagamaan secara telanjang. Fenomena ini terlihat dari konten atau narasi yang diproduksi para buzzer dan influencer. Umpatan kasar...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...