3 Tips Dalam Memilih Bibit Durian Musang King Kualitas Terbaik dan Ciri Fisiknya

3 Tips Dalam Memilih Bibit Durian Musang King Kualitas Terbaik dan Ciri Fisiknya foto: detikFood

BANGSAONLINE.com - Durian saat ini telah menjadi buah primadona sebagian orang. Bahkan tidak sedikit orang rela mengeluarkan uang banyak hanya untuk satu durian saja. Terlebih durian jenis musang king yang terkenal dengan daging buahnya yang sangat tebal dibandingkan dengan durian yang lain.

Selain itu, durian musang king ini memiliki rasa manis dan juga legit ketika digigit. Rasanya pun sangat lezat, dagingnya tebal, memiliki biji yang kecil ditambah aromanya yang khas. Memang pantas durian musang king dijuluki raja buah. Durian musang king ini berasal dari negara Malaysia.

Akan tetapi, sekarang durian dengan jenis musang king ini sudah masuk ke berbagai negara di Asia dan salah satunya adalah Indonesia. Umumnya, tanaman pada buah durian ini tumbuh dan juga berbuah kisaran tahun 2 - 5 tahun masa tanam. Selanjutnya, tergantung cara memelihara dan juga tergantung pada pemilihan jenis bibit.

Dalam memilih bibit durian musang king haruslah dengan kualitas yang terbaik, agar bisa menghasilkan buah yang lezat, tebal, dan juga sesuai dengan harapan kita. Akan tetapi, untuk menghasilkan buah yang berkualitas baik, juga didukung oleh lainnya seperti media tanam, perawatan, dan pemeliharaan yang baik dan benar. Nah, di bawah ini ada beberapa cara untuk memilih bibit durian musang king yang berkualitas baik.

Pilih Batang Bibit Durian yang Lurus

Cara pertama untuk memilih bibit durian musang king adalah memperhatikan bobot dengan bentuk batang yang lurus atau tidak. Kenapa? karena bibit dengan batang yang lurus, tandanya tanaman tersebut sudah siap dan berkualitas baik untuk ditanam. Selain itu juga, akan lebih mudah ketika kita akan menyemai batang tersebut.

Dengan kita memilih bibit durian musang king yang memiliki batang lurus, maka pertumbuhan pohonnya juga akan menjadi lebih baik dan maksimal. Kenapa? karena batang ini memiliki fungsi sebagai saluran nutrisi ke seluruh bagian dari pohon durian tersebut.

Memilih Bibit Asli

Banyak sekali orang yang belum bisa memilih bibit yang asli, alhasil masih banyak orang yang tertipu saat membeli bibit durian musang king. Setelah bibit tersebut tumbuh menjadi sebuah tanaman dan menghasilkan buah, tapi ternyata bukan jenis buah durian musang king. Nah, maka dari itu pilihlah bibit durian musang king yang asli.

Bibit buah durian musang king biasanya memiliki ciri dari bentuk daunnya yang lonjong panjang dan sedikit agak meruncing. Berbeda dengan jenis bibit durian yang lainnya, yang memiliki bentuk daun bundar.

Selain dari daun juga, kita bisa membedakan bibit durian musang king atau bukan adalah dari warnanya. Bibit durian musang king memiliki daun yang berwarna hijau kekuningan. Sedangkan untuk jenis durian yang lain itu memiliki warna hijau.

Cek Ketinggian Bibit

Simak berita selengkapnya ...