Selasa, 15 Juni 2021 03:54

3 Tips Dalam Memilih Bibit Durian Musang King Kualitas Terbaik dan Ciri Fisiknya

Senin, 12 April 2021 15:34 WIB
Editor: Redaksi
3 Tips Dalam Memilih Bibit Durian Musang King Kualitas Terbaik dan Ciri Fisiknya
foto: detikFood

BANGSAONLINE.com - Durian saat ini telah menjadi buah primadona sebagian orang. Bahkan tidak sedikit orang rela mengeluarkan uang banyak hanya untuk satu durian saja. Terlebih durian jenis musang king yang terkenal dengan daging buahnya yang sangat tebal dibandingkan dengan durian yang lain.

Selain itu, durian musang king ini memiliki rasa manis dan juga legit ketika digigit. Rasanya pun sangat lezat, dagingnya tebal, memiliki biji yang kecil ditambah aromanya yang khas. Memang pantas durian musang king dijuluki raja buah. Durian musang king ini berasal dari negara Malaysia.

Akan tetapi, sekarang durian dengan jenis musang king ini sudah masuk ke berbagai negara di Asia dan salah satunya adalah Indonesia. Umumnya, tanaman pada buah durian ini tumbuh dan juga berbuah kisaran tahun 2 - 5 tahun masa tanam. Selanjutnya, tergantung cara memelihara dan juga tergantung pada pemilihan jenis bibit.

Dalam memilih bibit durian musang king haruslah dengan kualitas yang terbaik, agar bisa menghasilkan buah yang lezat, tebal, dan juga sesuai dengan harapan kita. Akan tetapi, untuk menghasilkan buah yang berkualitas baik, juga didukung oleh lainnya seperti media tanam, perawatan, dan pemeliharaan yang baik dan benar. Nah, di bawah ini ada beberapa cara untuk memilih bibit durian musang king yang berkualitas baik.

Pilih Batang Bibit Durian yang Lurus

BACA JUGA : 

Gojek-Tokopedia Bersatu Jadi Ancaman, Shopee dan Blibli Bakar Uang

Martabat Durian Kita Dijatuhkan Malaysia, Durian Nitrogen Bisa Disimpan 1 Tahun

Tanam Pohon Durian, Ketua Fatayat NU Jombang Yakin Agropolis Bisa Jadi Hulu-Hilir Sentra Durian

Sepanjang Tahun 2020, ​Petani Pamongan Kediri Gagal Panen Durian dan Cengkeh

Cara pertama untuk memilih bibit durian musang king adalah memperhatikan bobot dengan bentuk batang yang lurus atau tidak. Kenapa? karena bibit dengan batang yang lurus, tandanya tanaman tersebut sudah siap dan berkualitas baik untuk ditanam. Selain itu juga, akan lebih mudah ketika kita akan menyemai batang tersebut.

Dengan kita memilih bibit durian musang king yang memiliki batang lurus, maka pertumbuhan pohonnya juga akan menjadi lebih baik dan maksimal. Kenapa? karena batang ini memiliki fungsi sebagai saluran nutrisi ke seluruh bagian dari pohon durian tersebut.

Memilih Bibit Asli

Banyak sekali orang yang belum bisa memilih bibit yang asli, alhasil masih banyak orang yang tertipu saat membeli bibit durian musang king. Setelah bibit tersebut tumbuh menjadi sebuah tanaman dan menghasilkan buah, tapi ternyata bukan jenis buah durian musang king. Nah, maka dari itu pilihlah bibit durian musang king yang asli.

Bibit buah durian musang king biasanya memiliki ciri dari bentuk daunnya yang lonjong panjang dan sedikit agak meruncing. Berbeda dengan jenis bibit durian yang lainnya, yang memiliki bentuk daun bundar.

Selain dari daun juga, kita bisa membedakan bibit durian musang king atau bukan adalah dari warnanya. Bibit durian musang king memiliki daun yang berwarna hijau kekuningan. Sedangkan untuk jenis durian yang lain itu memiliki warna hijau.

Cek Ketinggian Bibit

Cara selanjutnya adalah selalu cek ketinggian bibit durian musang king. Biasanya, bibit yang berkualitas baik memiliki ketinggian sekitar 1 atau 1,5 meter. Kenapa? karena pada ketinggian seperti itu biasanya sudah melalui proses pertumbuhan yang sangat bagus. Dengan begitu sudah ada batang dan juga akar yang cukup ketika akan kita tanam di lahan yang terbuka.

Ciri-ciri Fisik Bibit Dengan Kualitas Terbaik

Biasanya bibit untuk tanaman musang king memiliki ciri fisik yang sangat khas dengan kualitas terbaik yang kita dapatkan. Ketika kita bisa mendapatkannya, maka bukan hanya mendapatkan hasil panen dengan kualitas yang kita inginkan saja. Tapi, kita juga bisa mendapatkan kemudahan ketika akan melakukan perawatan dan juga pemeliharaan.

Di antara ciri bibit durian musang king dengan kualitas baik adalah

- Memiliki batang yang kuat.

- Memiliki daun yang lebat.

- Kondisi bibit sehat dan tidak ada gangguan dari hama maupun penyakit tanaman tertentu.

Selanjutnya, kita juga bisa memilih bibit yang sudah dicangkok maupun distek dari induk bibit durian musang king berkualitas terbaik. Maka dengan begitu kita akan bisa mendapatkan bibit durian yang sangat kuat dan daya tahan tanamannya juga bagus terhadap segala jenis cuaca maupun hama penyakit yang bisa menyerang tanaman kapan saja.

Mudah-mudahan informasi ini bisa berguna untuk kita dalam memilih bibit durian musang king dengan kualitas yang terbaik.

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Senin, 14 Juni 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Membentak dan memarahi ternyata tak selalu jelek. Kadang justru bisa mengubah sejarah. Atau mencipta sejarah.Inilah yang terjadi antara Chairul Saleh dan Mochtar Kusumaatmadja. Saat perjuangan kemerdekaan RI. Ta...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...