Rabu, 12 Mei 2021 03:44

Pembukaan Uji Coba, Wisata Air Terjun Irenggolo Kediri Mulai Dipadati Pengunjung

Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
Pembukaan Uji Coba, Wisata Air Terjun Irenggolo Kediri Mulai Dipadati Pengunjung
Wisata Air Terjun Irenggolo di Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri yang mulai ramai pengunjung setelah diuji coba pembukaan, Sabtu (10/4) kemarin. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo.

Hal itu dilakukan untuk memulihkan perekonomian, khususnya warga yang menggantungkan hidupnya dari sektor pariwisata, setelah kurang lebih 1 tahun ditutup akibat pandemi Covid-19.

Proses uji coba ini dilakukan secara ketat dengan menerapkan protokol kesehatan. Setiap pengunjung yang hendak memasuki lokasi wisata wajib dilakukan cek suhu tubuh, memakai masker serta pada saat antre di loket juga menjaga jarak. Sebelum masuk ke obyek wisata, pengunjung juga diwajibkan mencuci tangan di tempat yang telah disediakan.

Di kawasan Wisata Besuki di Kecamatan Mojo ini, terdapat beberapa objek wisata di antaranya Air Terjun Irenggolo, Air Terjun Dolo, Kelok Sembilan, Gazebo Wilis, Jembatan Jomblo, Taman Langit, serta area kemah.

BACA JUGA : 

Jalan "Jeglongan Sewu" di Kediri Mulai Diperbaiki

Bahas Kerja Sama Sektor Wisata, Bupati Kediri dan Bupati Trenggalek Bakal Siapkan Diskon

Gelar Musrenbang, Pemkab Kediri Susun Strategi Bersaing Level Nasional

Terus Perjuangkan Raperda Pengelolaan dan Perlindungan Sumber Air, ARPL Temui Kadisparbud

Dengan membayar retribusi Rp 7.000/orang, pengunjung bisa memasuki beberapa objek wisata tersebut. Sedangkan untuk biaya parkir mobil Rp 5.000 dan sepeda motor Rp 2.000.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ir. Adi Suwigny  melalui Kabid Sejarah dan Purbakala Yuli Marwantoko, pembukaan ini dalam rangka tahap uji coba awal sejumlah lokasi wisata. Apabila nantinya banyak ditemukan pengunjung yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan, maka lokasi wisata akan ditutup kembali.

“Harapan kami masyarakat yang berwisata tetap menerapkan protokol kesehatan, mulai cek suhu tubuh, memakai masker dan jaga jarak. Kalau ada yang tidak memakai masker diminta balik atau beli dulu. Ini masih dalam tahap uji coba, jangan sampai teledor prokes,” tegas Yuli, Minggu (11/4).

Sekadar diketahui, banyak masyarakat sekitar Dusun Besuki yang menggantungkan pendapatan dari sektor pariwisata. Dari pendataan terakhir, dari 48 warung yang biasa berdagang, kini hanya 20 unit yang masih buka. Selain itu, masyarakat juga banyak yang berdagang bunga serta membuka homestay di sekitar lokasi wisata.

Seperti diberitakan sebelumnya, saat ini masih tiga tempat wisata yang dilakukan uji coba pembukaan wisata untuk umum. Selain tempat Wisata Besuki di Kecamatan Mojo, Wisata Sumber Podang di Kecamatan Semen dan Wisata Gunung Kelud di Kecamatan Ngancar juga sudah dibuka. (uji/ian)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 11 Mei 2021 06:09 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Penangkapan Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat mengagetkan banyak pihak. Terutama karena itu terkenal sebagai pengusaha kaya raya. Bahkan mengaku punya 36 perusahaan.Tapi Dahlan Iskan mengaku kaget dan tidak kaget? Kena...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...