Kamis, 24 Juni 2021 19:52

Terdampak Gempa, Enam Bangunan Sekolah di Trenggalek Alami Rusak Berat dan Ringan

Minggu, 11 April 2021 14:49 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Herman Subagyo
Terdampak Gempa, Enam Bangunan Sekolah di Trenggalek Alami Rusak Berat dan Ringan

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Guna memastikan kerusakan bangunan sekolah akibat gempa bermagnitudo 6,1 SR yang terjadi pada Sabtu (10/4/2021) kemarin, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Trenggalek melakukan peninjauan ke beberapa titik bangunan sekolah, Minggu (11/4/2021).

Saat berada di lokasi SMPN 2 Tugu, Totok mengatakan, berdasarkan hasil identifikasi di lapangan yang dilakukan oleh jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Trenggalek, sampai saat ini terdapat 6 bangunan sekolah yang mengalami kerusakan ringan maupun berat.

"Ada 6 sekolahan, yang pertama SMPN 2 Tugu, TK 1 Ngadisuko, SDN 1 Jambu, PAUD Al Munnajah, SMP Islam Durenan, dan SDN 1 Ngadirenggo," kata Totok.

Totok mengatakan, bangunan sekolah yang paling parah mengalami kerusakan akibat gempa adalah SMPN 2 Tugu. Di sana terdapat dua ruang kelas, VIII A dan B yang mengalami kerusakan yang cukup parah.

BACA JUGA : 

Marak Bangunan di atas Aliran Sungai, Pemkab Trenggalek Dinilai Lakukan Pembiaran

BPR Jwalita Trenggalek Raih Penghargaan Top 100 dari The Finance

Begini Cara Bupati Arifin Ciptakan 100 Desa Wisata di Trenggalek

Trenggalek Raih Penghargaan dari Perpustakaan Nasional

Dia kemudian menjelaskan nilai kerugian dan kerusakan lain yang terjadi di SMPN 2 Tugu Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek. "Jadi nilai kerugian bangunannya diperkirakan Rp175 juta, kemudian ada 32 kursi sama 16 meja," jelasnya.

Menanggapi situasi tersebut, Totok akan mengupayakan perbaikan atau rehab berat bangunan SMPN 2 Tugu melalui Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) tahun ini. "Untuk yang Tugu ini (SMPN 2 Tugu) akan kami prioritaskan, yang kurang prioritas nanti kami geser," ucapnya.

Sementara untuk sekolahan yang lain, hanya mengalami kerusakan ringan seperti kerusakan genteng yang terjadi di TK Ngadisuko, SDN 1Jambu, PAUD Al Munnajah, dan SMP Islam Durenan.

"Jadi kerusakan genteng itu nanti akan kami upayakan (perbaikan) melalui dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) atau dana BOP," ucapnya.

Kemudian kerusakan lainnya, kata dia, juga terjadi di SDN 1 Ngadirenggo Kecamatan Pogalan. Kerusakan itu berupa retakan pada dinding sekolah akibat guncangan gempa. (man/zar)

Pasuruan Zona Merah, Vaksinasi Digencarkan
Selasa, 22 Juni 2021 23:42 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Polres Pasuruan Menggelar Vaksinasi Massal Selasa Siang Tadi(22/06/2021). Vaksinasi Ini Dilakukan Di Alam Terbuka, Tepatnya Di Wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan. Warga Terlihat Antusias Mengantre Untuk Mengikuti Vaksi...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Kamis, 24 Juni 2021 07:56 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sejak Covid-19 melonjak lagi secara drastis, penanganan Covid-19 tampak kewalahan. Vaksinasi belum maksimal. Alternatif lain belum mendapat izin. Bahkan konvalesen kini jadi barang langka.Benarkah? Silakan simak tuli...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...