Sabtu, 08 Mei 2021 19:24

Berwisata di Batu Love Garden, Bermain Sekaligus Belajar Mengenal Aneka Flora

Jumat, 02 April 2021 22:33 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Indrayadi
Berwisata di Batu Love Garden, Bermain Sekaligus Belajar Mengenal Aneka Flora
Suasana Batu Love Garden (Baloga) di zona kupu-kupu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Kota Batu terkenal dengan aneka wisatanya, baik untuk anak-anak maupun kalangan dewasa. Salah satunya yang terbaru adalah Batu Love Garden (Baloga), yang baru di-launching akhir tahun 2020 lalu.

Konsepnya adalah wisata bunga dan buah. Memberi kesenangan sekaligus edukasi bagi para pengunjungnya.

Heidyne, Guest Relations Officer (GRO) Marketing Batu Love Garden menyampaikan, sejak awal dibuka, Baloga selalu ramai pengunjung. Namun, karena saat ini masih pandemi, jumlah pengunjung tetap dibatasi untuk mematuhi protokol kesehatan.

"Soal jumlah pengunjung sih, kita menargetkan tiap harinya 500 atau 1.000 orang. Meskipun sebenarnya kapasitasnya bisa sampai 2.500 orang," ujarnya di lokasi Baloga, Jumat (02/03/2021).

BACA JUGA : 

Dinkes Kota Baru Gelar Pertemuan Advokasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Cek Kesiapan Akhir, Forkopimda Kota Batu Laksanakan ​Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021

Dampak Larangan Mudik, Pengusaha Vila di Kota Batu Makin Terpuruk

Larangan Mudik, Warga Luar Kota yang Nekat Masuk Kota Batu Siap-siap Diswab dan Dikarantina

Ia mengatakan, Baloga adalah objek wisata yang diperuntukkan bagi keluarga. Sebab di Batu Love Garden ini terdapat banyak spot foto dengan latar belakang tanaman asli (hidup), baik bunga maupun buah-buahan.

"Ada 600 jenis tanaman di sini, baik tanaman lokal juga mancanegara. Sementara luasnya 7 hektare. Selain bersenang-senang dengan teman maupun keluarga, pengunjung juga memperoleh tambahan pengetahuan seputar tanaman (flora)," imbuh Heidyne.

Menurutnya, ada 20 zona yang bisa dijadikan spot foto. Mulai dari zona tanaman bunga, buah, kupu-kupu, hingga kaki seribu. Juga ada Rumah Jamur, yang menyajikan beraneka ragam jenis jamur.

"Kita juga ada Baloga Market loh, banyak macam tanaman yang dijual mulai 25 ribuan. Di sini juga sering dipakai foto prewedding. Banyak kok yang kayak gitu, mereka bilang sih tempatnya bagus," katanya lagi.

Masih menurut Heidyne, Batu Love Garden mengusung konsep outdoor dan indoor. Untuk zona indoor terdapat aneka tanaman aquponik, hidroponik, tanaman kering seperti kaktus, hingga budi daya angrek.

Sedangkan pada zona outdoor terdapat kebun jeruk, kebun bunga matahari, hingga taman topiary. Baloga juga punya green house.

Selain spot foto, Baloga juga menyediakan kids area. "Jadi selain berfoto, tempat ini juga bisa untuk edukasi dan bermain. Kalau tempat bermain kita sediakan wahana bagi mereka atau keluarga yang membawa anak kecil. Kalau untuk permainan anak cukup hanya 10 ribu satu kali putaran seperti naik kuda," ungkap Heidyne.

“Oh iya, di sini juga ada sepeda untuk mengelilingi wisata ini. Kita sewain gitu, per sepeda harganya 100 ribu rupiah, kalau yang boncengan 200 ribu rupiah. Jadi pengunjung tidak akan capek kalau pakai sepeda ini. Karena lokasi kita indoor dan outdoor,” imbuhnya.

Baloga buka setiap hari dengan harga tiket 60 ribu hari biasa, dan 80 ribu untuk akhir pekan dan hari besar. "Anak-anak yang tinggi badannya dibawah 80 cm tidak dikenakan tiket masuk," pungkasnya. (dra/rev)

Awal Mula Tarawih Cepat di Ponpes Hidayatullah Al Muhajirin Bangkalan
Jumat, 07 Mei 2021 23:44 WIB
BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ada fenomena yang selalu viral setiap Bulan Ramadan, yakni Salat Tarawih Cepat. Jika di Indramayu ada pesantren yang menuntaskan salat tarawih 23 rakaat dalam durasi hanya 6 menit, di Bangkalan juga ada pesantren ya...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 08 Mei 2021 09:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Genre baru persuratkabaran dimulai dari Singapura. Koran terkemuka di negeri singa itu mengubah diri menjadi not for profit. Perubahan drastis ini dilakukan setelah mengalami kemerosotan yang terus terjadi.Tapi apa beda...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...