Jokowi Tunjuk Badrodin Haiti Sebagai Cakapolri, Bagaimana Nasib Budi Waseso?

Jokowi Tunjuk Badrodin Haiti Sebagai Cakapolri, Bagaimana Nasib Budi Waseso? Budi Waseso. (merdeka.com)

BangsaOnline - Setelah Jokowi membatalkan pelantikan , Jokowi mencalonkan Wakapolri Komjen Badrodin Haiti ke DPR sebagai calon Kapolri pengganti Komjen .

"Yang pertama mengingat bahwa pencalonan Komjen Pol Drs SH sebagai Kapolri telah menimbulkan perbedaan pendapat di masyarakat, maka untuk menciptakan ketenangan dan memperhatikan kebutuhan Kepolisian Republik Indonesia untuk segera dipimpin Kapolri yang definitif maka kami hari ini mengusulkan Komjen Pol Badrodin Haiti ke DPR sebagai Kapolri," kata Jokowi dalam jumpa pers di Istana Negara, Jakarta, Rabu (18/2).

Namun bagaimana nasib Kabareskrim Komjen usai batal dilantik? Sebab, disebut-sebut orang dekat .

Komisioner Komisi Polisi Nasional (Kompolnas) Edi Saputera Hasibuan mengatakan, akan tetap menjabat Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri setelah Presiden Jokowi menunjuk Badrodin Haiti menjadi calon Kapolri baru.


"Sudah ada calon kan jadi Pak nggak jadi calon Kapolri masih Kabareskrim," kata Edi saat dihubungi Merdeka.com, Rabu (18/2).

Menurut dia, bahwa penunjukan calon Kapolri baru merupakan hak progeratif Presiden Jokowi. Oleh sebab itu, pihak Kompolnas akan menghormati keputusan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Presiden hanya bisa mengajukan satu calon dan itu terserah presiden. Kewenangan presiden mangajukan calon baru itu hak dia nantinya," jelasnya.

Selain itu, dia menambahkan pihaknya juga tak akan mengusulkan sebagai Wakapolri untuk mendampingi Badrodin Haiti. "Nggak jadi Wakapolri masih Kabareskrim saja," ujarnya.

Sumber: merdeka.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO