Rabu, 23 Juni 2021 14:49

BUMDes untuk Sejahterakan Warga, Yuhronur: Pengelolanya Harus Kreatif dan Manfaatkan Potensi Desa

Rabu, 31 Maret 2021 16:22 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Nur Qomar Hadi
BUMDes untuk Sejahterakan Warga, Yuhronur: Pengelolanya Harus Kreatif dan Manfaatkan Potensi Desa
Yuhronur Efendi, Bupati Lamongan. (foto: ist)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Lamongan Yuhronur Efendi berharap keberadaan BUMDes bisa meningkatkan potensi desa dan bisa menyejahterakan warganya. Harapan tersebut diungkapkan Yuhronur, usai meluncurkan program Gerakan Lamongan Sehari Satu Buku (Gerlamsesaku) di SMP Negeri 1 Lamongan, Rabu (31/3/2021).

Menurut Yuhronur, pengelola BUMDes di Lamongan harus lebih kreatif dalam mengembangkan potensi yang ada di desanya, sehingga tidak ada istilah jalan di tempat karena kurang bisa memanfaatkan potensi di desa itu sendiri.

“Kalau pengelola BUMDes itu kreatif dan bisa memanfaatkan potensi desa saya yakin akan bisa menyejahterakan warganya, dan aset-aset utama di setiap desa bisa ditingkatkan,” ujar Yuhronur.

Selain itu, Yuhronur juga mengimbau para pelaku BUMDes lebih serius dalam pengelolaannya karena masih banyak dijumpai BUMDes yang kurang maksimal, bahkan tidak jalan. “Jika dikelola dengan baik, saya optimis mampu mengangkat ekonomi masyarakat, maka untuk itu perlu keseriusan dalam pengelolaan BUMDes itu sendiri,” ujarnya.

BACA JUGA : 

Sempat Vakum, Yuhronur Lantik Pengurus GOW Lamongan Demi Wujudkan Pembangunan Berbasis Gender

Status Desa Mandiri di Lamongan Meningkat, Khusnul: Alhamdulillah Sudah Tidak Ada yang Tertinggal

Wujudkan Lamongan Berkeadilan, Bupati dan DPRD Lamongan Mulai Bahas 6 Usulan Raperda

Resmi Dilantik, IKA PMII Lamongan Siap Bangun Sinergitas dengan Pemkab Bangkitkan Ekonomi

Bupati Yuhronur memberi apresiasi kepada seluruh kepala desa dan camat seluruh Lamongan yang telah mendirikan BUMDes dan BUMdes Bersama. "Saya berharap melalui BUMDes inilah, sumber daya alam setempat bisa dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat," terangnya.

Berdasarkan data di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lamongan, sebanyak 462 desa sudah memiliki BUMDes dan dibagi menjadi tiga kelas, yakni 95 kategori maju), 63 kategori berkembang, dan 304 kategori perintis.

Menurut Kepala DPMD Lamongan Khusnul Yaqin, saat ini BUMDes yang sudah maju telah mempunyai pelbagai unit usaha. Bahkan, saat ini sudah berdiri lima unit toko ritel bernama Lamongan Mart (LA Mart) milik BUMDes.

“Kita targetkan tahun ini semua BUMDes sudah maju dan memiliki toko ritel, tidak melulu difungsikan sebagai simpan pinjam saja,” pungkasnya. (qom/zar)

Pasuruan Zona Merah, Vaksinasi Digencarkan
Selasa, 22 Juni 2021 23:42 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Polres Pasuruan Menggelar Vaksinasi Massal Selasa Siang Tadi(22/06/2021). Vaksinasi Ini Dilakukan Di Alam Terbuka, Tepatnya Di Wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan. Warga Terlihat Antusias Mengantre Untuk Mengikuti Vaksi...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Rabu, 23 Juni 2021 06:20 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Perang Diponegero melawan penjajah Belanda menimbulkan korban luar biasa. Ribuan penjajah Belanda tewas. Begitu juga para pejuang Indonesia. Bahkan Belanda sempat kewalahan.Perang Diponegoro pecah karena penjajah Beland...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...