Cegah Erosi, LMDH Ledokombo Probolinggo Ciptakan Hutan Kalitus

Cegah Erosi, LMDH Ledokombo Probolinggo Ciptakan Hutan Kalitus

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Guna mencegah terjadinya erosi di kawasan pegunungan, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Ganesa Desa Ledokombo, Kecamatan Sumber, Kabupaten berhasil menciptakan hutan kalitus. Hutan tersebut sebelumnya sebuah lahan kering yang dulunya ditumbuhi rumput ilalang.

"Sekarang lahan itu menjadi hutan belantara yang ditumbuhi pohon kalitus," ujar Sekretaris LMDH Ledokombo Suparman kepada wartawan, Rabu (31/3/2021).

Menurut dia, ribuan pohon Kalitus itu ditanam di atas lahan seluas 12,1 hektare sejak tahun 2005 silam. "Sekarang batang pohonnya sudah mencapai 30 cm," urainya.

Adapun untuk menjadikan lahan itu menjadi sebuah hutan, memang membutuhkan waktu dan proses yang panjang. "Inisiatif menjadikan lahan itu menjadi hutan kalitus untuk mencegah terjadinya erosi di musim penghujan, sehingga tidak membahayakan masyarakat sekitar," katanya.

Suparman menambahkan, keberhasilan menciptakan hutan tersebut, tak hanya adanya kesadaran para anggota yang masuk pangkuan RPH Wonokerso BKPH Sukapura, namun juga kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan di kawasan pegunungan. (ugi/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO