Baddrut Tamam Dukung Penuh Pengajuan M. Tabrani Sebagai Pahlawan Nasional

Baddrut Tamam Dukung Penuh Pengajuan M. Tabrani Sebagai Pahlawan Nasional Acara sosialisasi pengajuan dukungan M. Tabrani sebagai Pahlawan Nasional di Hotel Front One, Jalan Jokotole Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bupati H. Baddrut Tamam mendukung penuh rencana pengajuan tokoh dari Madura, sebagai Pahlawan Nasional.

Dukungan penuh diungkapkan Bupati , H. Baddrut Tamam dalam acara sosialisasi pengajuan sebagai Pahlawan Nasional yang dilaksanakan di Hotel Front One, Jalan Jokotole , Selasa (30/03/21).

Baddrut mengatakan, Pemerintah Kabupaten akan mendukung gagasan tersebut. Bahkan pihaknya akan menjadi yang terdepan dalam pengajuan sebagai Pahlawan Nasional.

“Tentunya aspirasi ini harus mendapatkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat, termasuk media sehingga usulan ini bisa terwujud,” harap bupati muda penuh inovasi tersebut.

Sosok Mohammad Tabrani Soerjowitjitro yang akrab disapa , adalah tokoh dari Madura penggagas Bahasa Indonesia. Banyak kalangan menilai peran penting Trabrani dalam mewujudkan Bahasa Indonesia hingga kemudian menjadi bahasa persatuan, membuatnya layak dianugerahi gelar Pahlawan Nasional.

Pria kelahiran 10 Oktober 1904 tersebut merupakan Tokoh Jong Java, namun dikenal khalayak sebagai wartawan. Bahkan pria kharismatik ini pernah menjadi Ketua Persatuan Djoernalis Indonesia (Perdi) kala itu.

Ketika Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pertama kali dibentuk pada media tahun 1946, kala itu sosok Tabrani muda sudah menjadi Pegawai Menteri Penerangan.

Lanjut Baddrut, yang paling mendukung pengajuan sebagai Pahlawan Nasional, adalah karena beliau termasuk salah satu panitia inti dalam pembentukan Sumpah Pemuda pada 1928. Sehingga atas jasanya tersebut, Balai Bahasa Provinsi Jatim secara resmi mengajukan sebagai Pahlawan Nasional kepada pemerintah pusat.

Sebagai wujud dukungan penuh tersebut, Ra Baddrut -panggilan Bupati - melakukan penandatanganan dukungan pengajuan sebagai Pahlawan Nasional. Dengan disaksikan, Prof. E. Aminuddin Aziz M.A., Ph.D. selaku Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (yen/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO