Kamis, 13 Mei 2021 07:40

Wali Kota Madiun Pastikan Pembangunan RRT Berdampak Positif bagi Ekonomi Masyarakat

Senin, 29 Maret 2021 22:17 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Hendro Utomo
Wali Kota Madiun Pastikan Pembangunan RRT Berdampak Positif bagi Ekonomi Masyarakat
Wali Kota Madiun Maidi saat memberikan keterangan persnya.

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun memastikan pembangunan jalan Ring Road Timur (RRT) di Kota Madiun segera terealisasi. Itu setelah kedua pucuk pimpinan dari Pemkot dan Pemkab Madiun menyepakati pembangunan proyek strategis nasional tersebut.

Penandatanganan kesepakatan bersama atau MoU tentang Kerja Sama Pembangunan Daerah difasilitasi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bakorwil I di Gedung Bakorwil Madiun, Senin (29/3/2021).

Wali Kota Madiun Maidi mengatakan, pembangunan RRT tersebut berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat. Bukan hanya warga kota, tetapi juga warga Kabupaten Madiun. Karenanya MoU yang dilakukan itu merupakan bentuk sinergi antarwilayah.

"Kota ini di tengahnya kabupaten, nggak bisa tanpa kerja sama yang baik. Selingkar Wilis, Ring Road Timur ini semua untuk kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, kita sebagai aparat pemerintah ini punya tugas bagaimana masyarakat bisa bahagia dan sejahtera melalui pembangunan yang akan kita lakukan," ungkapnya.

BACA JUGA : 

Pantau Tiga Titik Penyekatan, Bupati dan Kapolres Madiun Apresiasi Kerja Petugas Pos

Salon dan Gudang Dekorasi di Kota Madiun Terbakar, Kerugian Capai Rp 2,5 Miliar

Manajemen Lawu Plaza Sambut Gembira Instruksi Pemkot Madiun Soal Perpanjangan Jam Buka Mal

NCL Madiun Bangga Kedatangan Direktur Kursus dan Pelatihan Kemendikbud-Ristek

Ia berharap dengan kerja sama tersebut, tahapan pembangunan daerah utamanya pembangunan RRT bisa berjalan sesuai rencana. Selain itu, bertujuan supaya pengelolaan potensi sumber daya secara berkelanjutan dan percepatan pemenuhan pelayanan publik dapat semakin optimal.

"Anggaran yang sudah ditentukan pemerintah pusat sekitar Rp 600 miliar ini secepatnya kita realisasikan dengan adanya connecting antara kabupaten dan kota yang ada. Inilah wujud kerja sama yang akan menyukseskan pembangunan di Jatim bagian barat. Kita punya komitmen ke sana yang harus kita jalankan," katanya.

Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro menuturkan, MoU itu bukan hanya terkait RRT, tetapi pembangunan daerah secara global. Ia berharap dengan adanya MoU itu dapat menguntungkan kedua wilayah dan menyejahterakan masyarakat. Selain mampu mendongkrak perekonomian, adanya RRT diharapkan dapat menyerap tenaga kerja.

"MoU ini tidak akan mengalahkan satu wilayah. Tapi dua-duanya mengambil manfaat dari MoU ini. MoU ini adalah payung hukum. Artinya ketika kota punya rencana apa, atau sebaliknya ini sebagai dasar untuk komunikasi sekaligus dasar untuk bersama-sama mencapai tujuan tersebut. Baik rencana yang dilakukan kabupaten maupun kota Madiun. Karena Madiun ini tidak bisa dipisahkan. Secara administrasi beda, tetapi secara kultur sama," tuturnya.

Sementara itu, Plt Kepala Bakorwil I Madiun Karyadi mengaku, pihaknya sengaja memfasilitasi MoU ini agar pembangunan proyek tunjukan pemerintah pusat dapat segera terealisasi dan dinikmati masyarakat.

"Dengan adanya MoU ini, ini menjadi percepatan pelaksanaan pembangunan. Masyarakat sudah menunggu. Proses sudah berjalan, makanya kegiatan ini sebagai upaya percepatan. Kesepakatan ini kan sebagai payung hukum untuk sinergitas antara kabupaten dan kota Madiun," lanjutnya.

Seperti diketahui, RRT merupakan salah satu proyek strategis nasional yang telah dituangkan di dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 80/2019. Sebagai daerah yang masuk dalam rintisan pembangunan kawasan Selingkar Wilis, Pemda baik Kota maupun Kabupaten Madiun diharapkan mendukung setiap program pemerintah pusat.

Di samping itu, masyarakat juga diminta ikut serta dalam menyukseskan program pemerintah tersebut. Apalagi memberikan dampak yang sangat baik untuk kesejahteraan masyarakat. (hen/ian)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 12 Mei 2021 04:55 WIB
Oleh: Dahlan Iskan --- YANG saya bicarakan ini adalah listrik untuk usaha. Untuk bisnis –perdagangan dan terutama industri.Bukan listrik untuk rumah tangga.Amerika Serikat mendapatkan sumber utama listrik dari gas yang murah. Tiongkok dari ten...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...