Resmikan Sendakala, Bupati Yuhronur Ajak Masyarakat Lestarikan Kesenian dan Kebudayaan Lamongan

Resmikan Sendakala, Bupati Yuhronur Ajak Masyarakat Lestarikan Kesenian dan Kebudayaan Lamongan Bupati Yuhronur saat sambutan. (foto: ist)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Yuhronur Efendi mengajak masyarakatnya terus melestarikan kebudayaan Lamongan. Hal tersebut disampaikan saat menghadiri Pagelaran dan Pagelaran Ludruk di Dinas Pariwisata Kabupaten Lamongan, Minggu (28/3/2021) kemarin. Bupati Yes--sapaannya juga meresmikan Komunitas Sendakala (Seniman Muda Kabupaten Lamongan).

Peluncuran komunitas ini diawali dengan pagelaran yang mengisahkan tata cara adat budaya pernikahan Kabupaten Lamongan. Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan penyerahan sertifikat nomor induk keanggotaan dari budayawan/seniman Kabupaten Lamongan.

Bupati Yes sangat mengapresiasi milenial yang turut bergabung untuk menghidupkan komunitas kebudayaan ini. "Saya apresiasi sekali terhadap anak-anak muda yang tergabung dalam Komunitas Sendakala yang turut serta melestarikan budaya dan kebudayaan Kabupaten Lamongan, khususnya ludruk. Saat ini jarang anak muda yang seneng ludruk, senengnya sinetron, tapi kali ini seneng ludruk," katanya.

Menurutnya, kebudayaan dan kesenian sendiri sangat penting, karena merupakan identitas bangsa, khususnya Kabupaten Lamongan. Bahkan, Yuhronur juga tak segan mengungkapkan bahwa dirinya siap untuk turut serta ikut bermain dalam pagelaran jika memang dibutuhkan. "Kapan-kapan bikin lagi, ketoprak. Saya ikut main gak apa-apa kalau kurang pemain," ungkapnya.

Turut serta ambil bagian dalam pagelaran ludruk "Sarep Tambak Oso", ingin memberikan dukungan serta dorongan bagi para seniman untuk tetap berkarya dan kembali bangkit menghidupkan kebudayaan Lamongan yang juga sempat lumpuh karena pandemi.

Selain itu, dia juga mengungkapkan cita-citanya untuk memiliki gedung kesenian Lamongan yang lebih baik. "Latihan sing apik, ludruke apik, luar biasa Sendakala, semangat dan sukses," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Pagelaran Ahmad Shodiq berharap, semoga setelah mulai digelarnya pagelaran ludruk ini nantinya akan banyak komunitas dan seniman lain yang berproses dan menunjukkan karyanya, sehingga mampu meramaikan geliat panggung pertunjukan di Kabupaten Lamongan. (qom/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO