Sabtu, 19 Juni 2021 19:36

PWI Kediri Kecam Kekerasan Terhadap Jurnalis Tempo

Senin, 29 Maret 2021 12:42 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
PWI Kediri Kecam Kekerasan Terhadap Jurnalis Tempo
Bambang Iswahyoedi, Ketua PWI Perwakilan Kediri. (foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Perwakilan Kediri mengecam keras terjadinya kekerasan terhadap Jurnalis Tempo, Nurhadi, saat yang bersangkutan sedang menjalankan tugas jurnalistik.

PWI Kediri sangat menyayangkan atas kembali terjadinya kekerasan terhadap jurnalis dan meminta agar kasus tersebut diusut tuntas.

Menurut Ketua PWI Perwakilan Kediri Bambang Iswahyoedi, tindakan menghalang-halangi kegiatan jurnalistik jelas melanggar UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers. Juga melanggar UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, UU Nomor 12 Tahun 2005 tentang Pengesahan Konvensi Hak Sipil dan Politik, dan Perkap No. 8 Th. 2009 tentang pengimplementasi Hak Asasi Manusia.

"Kami atas nama PWI Perwakilan Kediri mengecam keras tindakan aksi kekerasan tersebut dan kami berharap pihak aparat hukum untuk segera menangani kasus dengan tegas, transparan, dan profesional," kata Bambang Iswahyoedi, Senin (29/3/2021).

BACA JUGA : 

Antisipasi Pemerasan Oleh Oknum Wartawan, Kominfo Disarankan Identifikasi Media Tak Terverifikasi

Gelar Raker Pertama di Tengah Pandemi, PWI Kediri Diapresiasi Wali Kota Kediri dan PWI Jatim

PWI Kediri Gelar Rapat Kerja di Bukit Daun

Perangi Hoaks, IJTI dan Anggota DPRD Kota Kediri Gelar Diskusi Perspektif Hukum Pers dan Medsos

Bambang berharap kepada pihak-pihak lain serta masyarakat pada umumnya, agar memahami akan kinerja para wartawan dalam mencari berita, karena itu dilindungi UU Pers.

Diberitakan sebelumnya, kekerasan dan penganiayaan dialami Jurnalis Tempo, Nurhadi, pada Sabtu, 27 Maret 2021. Kekerasan yang menimpa Nurhadi terjadi ketika dia menjalankan penugasan dari Redaksi Majalah Tempo untuk meminta konfirmasi kepada Mantan Direktur Pemeriksaan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Angin Prayitno Aji. Komisi Pemberantasan Korupsi sudah menyatakan Angin sebagai tersangka dalam kasus suap pajak.

Penganiayaan terjadi ketika sejumlah pengawal Angin Prayitno Aji menuduh Nurhadi masuk tanpa izin ke acara resepsi pernikahan anak Angin di Gedung Graha Samudera Bumimoro (GSB) di kompleks Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu, 27 Maret 2021 malam.

Meski sudah menjelaskan statusnya sebagai Wartawan Tempo yang sedang menjalankan tugas jurnalistik, mereka tetap merampas telepon genggam Nurhadi dan memaksa untuk memeriksa isinya. Nurhadi juga ditampar, dipiting, dipukul di beberapa bagian tubuhnya. Untuk memastikan Nurhadi tidak melaporkan hasil reportasenya, dia juga ditahan selama dua jam di sebuah hotel di Surabaya. (uji/zar)

Gelar Pertemuan, Anggota Poktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota Gapoktan Sumber Rejeki mendatangi rumah Sumadi, yang juga menjabat kepala Dusun, untu...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Sabtu, 19 Juni 2021 07:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terut...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...