Senin, 10 Mei 2021 02:22

Digelar saat Pandemi, Penjaga Stan Pameran UMKM Sidoarjo Wajib Rapid Test

Sabtu, 27 Maret 2021 12:05 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Mustain
Digelar saat Pandemi, Penjaga Stan Pameran UMKM Sidoarjo Wajib Rapid Test
LIHAT PRODUK: Wabup Subandi saat membuka Pameran UMKM, di Mal Sun City, Jumat (26/3/2021) sore. foto istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sidoarjo menggelar pameran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di area parkir Mal Suncity Sidoarjo, 26-28 Maret 2021.

Ada 30 stan pameran yang diisi 125 pelaku UMKM dari 18 kecamatan se-Sidoarjo. Selain itu, pameran juga menyediakan stan bagi penyandang disabilitas untuk memajang produknya, serta stan tanaman bonsai.

Pameran UMKM ini dibuka resmi oleh Wabup Sidoarjo Subandi, Jumat (26/3/2021) sore. "Pameran ini untuk membangkitman pelaku UMKM Sidoarjo," cetus Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sidoarjo, Mohamad Edi Kurniadi, dalam rilis, Sabtu (27/3/2021).

Kata Edi Kurniadi, pandemi Covid-19 benar-benar memukul para pelaku UMKM. Tidak ada geliat pameran sebagai ajang promosi selama pandemi ini. Hal tersebut membuat kondisi perekonomian para pelaku UMKM sangat terpuruk.

BACA JUGA : 

Pemkab Sidoarjo Apresiasi Program Duta Toleransi yang Digelar Komunitas Brangwetan

Polresta Sidoarjo Siap Sekat Pemudik dan Amankan Lebaran 2021

Peniadaan Mudik, Personel Gabungan Siaga di Perbatasan Sidoarjo

Wabup Subandi Dorong Desa dan Kecamatan Bentuk Satgas Sungai dan Jalan

Oleh karenanya dia memberanikan diri menggelar pameran seperti ini dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan ketat. "Seluruh penjaga stan pameran dilakukan rapid tes. Tempat cuci tangan maupun hand sanitizer juga ditempatkan di berbagai titik," beber Edi Kurniadi.

Ditambahkan Edi Kurniadi, pameran produk UMKM ini juga untuk mendukung Program 20 ribu UMKM Naik Kelas, salah satu program Bupati Ahmad Muhdlor-Wabup Subandi. "Dalam rangka mensukseskan program 20 ribu UMKM naik kelas, kami juga membentuk forum koordinator kecamatan," bebernya.

Sementara itu, Wabup Sidoarjo Subandi mengapresiasi pameran UMKM ini. Sebab akan mampu membangkitkan perekonomian masyarakat Sidoarjo di tengah pandemi Covid-19. "Dengan adanya pandemi, kegiatan seperti ini akan memulihkan ekonomi. Kita akan dukung program-program seperti ini," ucapnya.

Wabup juga meminta pameran UMKM tidak terpusat di satu lokasi. Namun dilakukan di setiap kecamatan atau bahkan setiap desa. Wabup juga menyatakan bakal mendukung geliat UMKM dengan dukungan permodalan, melalui pinjaman modal dari BPR Delta Artha, dengan bunga 3 persen setahun.

Pameran UMKM ini diisi berbagai kegiatan. Ada talkshow seputar UMKM, lomba menghias tumpeng dan barista coffe kekinian di pameran yang berakhir pada Minggu besok tersebut. (sta/ns)

Bernuansa Menara Kudus, Mushola An-Nabaat Diresmikan Wabup Nganjuk
Minggu, 09 Mei 2021 00:50 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Cita Indonesia Group, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, pertanian, dan peternakan, meresmikan Mushola An-Nabaat yang berlokasi di Desa Batembat Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. Peresmian mushola ini dil...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Minggu, 09 Mei 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan kali ini sangat menyentuh. Tentang prahara rumah tangga pemilik Gedung Empire Palace Surabaya: Gunawan Angkawidjaja dan istrinya, Chin Chin atau Trisulowati.Menurut Dahlan Iskan, Gunawan bukan ha...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...