Kamis, 29 Juli 2021 16:04

Siapkan 11 Mesin, Bandara Juanda Terapkan Tes GeNose C-19 Mulai 1 April

Jumat, 26 Maret 2021 22:03 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Indra Budiman
Siapkan 11 Mesin, Bandara Juanda Terapkan Tes GeNose C-19 Mulai 1 April
Petugas saat simulasi penggunaan alat deteksi Covid-19 GeNose C-19 di Bandara Internasional Juanda.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - PT Angkasa Pura I (Persero) melanjutkan simulasi penggunaan alat deteksi Covid-19 GeNose C-19 di Bandara Internasional Juanda. Sebelumnya, simulasi juga dilakukan di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo beberapa waktu lalu.

Simulasi tersebut merupakan tahap persiapan yang dilakukan operator bandara sebelum GeNose C-19 diterapkan secara terbatas di empat bandara pada 1 April 2021 mendatang.

Direktur Utama PT AngkasaPura I (Persero), Faik Fahmi mengatakan, simulasi GeNose C-19 di Bandara Internasional Juanda berjalan lancar. Ia berharap penggunaan GeNose C-19 pada 1 April mendatang juga berjalan mulus dan memberikan alternatif pilihan alat deteksi Covid-19 di bandara sebagai syarat perjalanan udara bersama tes swab antigen dan PCR.

Lokasi simulasi terletak di lobby Gedung Terminal Baru, di sisi timur Terminal 1. Dilakukan sejak pukul 13.00 WIB kepada total 150 orang karyawan Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Juanda dan komunitas bandara. Fasilitas dan peralatan yang disediakan yaitu 6 unit mesin GeNose, 500 kantong GeNose, 5 bilik pemeriksaan, area ruang konsultasi, ruang isolasi, 4 meja pengambilan hasil, sejumlah tenaga medis, sejumlah tenaga administrasi, 150 kursi tunggu, 40 unit queline, dan 1 unit TV peraga.

BACA JUGA : 

Deteksi Dini Covid-19, Smamita Sidoarjo Gelar Tes GeNose C19 kepada para Siswa

Percepat Antisipasi Covid-19, Pemkot Surabaya Bawa Keliling GeNose C19

Peniadaan Mudik Lebaran, Bandara Juanda Kurangi Jam Operasional

​Terminal Kertonegoro Ngawi Sediakan Tes GeNose Gratis bagi Penumpang

"Pada implementasinya 1 April 2021 mendatang, Bandara Juanda akan menyiapkan 11 mesin GeNose C-19," ucap Fahmi.

Ia menambahkan, prosedur dan alur penggunaan GeNose yang disimulasikan yaitu calon penumpang menuju tempat pendaftaran untuk mengambil nomor antrean, lalu melakukan pembayaran. Setelah melakukan pembayaran, calon penumpang mengambil sampel napas di bilik yang telah disediakan. Adapun sampel napas yang diambil adalah pembuangan napas pada hembusan ketiga dan menyerahkan kantong udara kepada petugas.

Lalu petugas operator GeNose melakukan pemeriksaan kantong udara dengan alat GeNose C-19. Calon penumpang dapat mengambil hasil tes setelah petugas akan memanggil nomor urut dan identitas calon penumpang.

“Jika hasil tes GeNose positif, maka petugas akan memberikan konsultasi, informasi, dan edukasi terkait hasil pemeriksaan dan menyarankan penumpang untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari,” terang Fahmi.

Tetapi jika hasil tes negatif, calon penumpang dapat melanjutkan proses keberangkatan selanjutnya dengan menunjukkan hasil GeNose C-19 negatif kepada petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk divalidasi, juga menunjukkan hasil GeNose C-19 yang sudah divalidasi ke petugas maskapai saat proses check in dan boarding.

Setelah dilakukan simulasi, dapat diperkirakan bahwa waktu layanan pemeriksaan GeNose C-19 sejak pendaftaran hingga menerima hasil berkisar antara 20 hingga 30 menit. "Simulasi penggunaan GeNose C-19 selanjutnya akan dilakukan di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada 1 April 2021 mendatang," tutup Fahmi. (dra)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...