Senin, 10 Mei 2021 04:56

Ning Ita Perangi TBC, Berikut Cara-cara yang Dilakukan Wali Kota

Jumat, 26 Maret 2021 12:43 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Soffan Soffa
Ning Ita Perangi TBC, Berikut Cara-cara yang Dilakukan Wali Kota
Walikota Mojokerto dalam acara peringatan Hari TBC Sedunia.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE. com - Hari TB Sedunia (HTBS) atau World TB Day yang diperingati tiap 24 Maret, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengajak masyarakat untuk memerangi penyakit Tuberculosis (TBC) di wilayahnya. Hal ini disampaikan Ning Ita sapaan akrab Wali Kota Mojokerto, dalam rangkaian peringatan Hari TB Sedunia di Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari, Rabu (24/03).

“Rangkaian kegiatan Hari TB Sedunia paling substantif adalah menyebarkan informasi kepada masyarakat tentang apa dan bagaimana TB itu. Sehingga penularan TB bisa kita cegah sejak dini,” terang wali kota.

Menurut Ning Ita, sesuai dengan tema Hari TB Sedunia di level global ‘The Clock is Ticking’, maka tema yang diambil dari Hari TBC se-Dunia adalah Detik Berharga, Selamatkan Bangsa dari TB.

“Yang perlu diketahui masyarakat, bagaimana TB ini untuk kita perangi, agar penularannya bisa kita kendalikan,” tegasnya.

BACA JUGA : 

Operasi Ketupat Semeru 2021, Dishub Kota Mojokerto Sebar Personel di Sejumlah Titik Rawan

Peringati Hari Hemofilia Sedunia, Wali Kota Ning Ita Bersama Kapolres Mojokerto Kota Donor Darah

Bank Jatim Serahkan CSR untuk Pemerintah Kota Mojokerto

Kota Mojokerto Mulai Pembelajaran Tatap Muka untuk Jenjang SD dan SMP Pekan Depan

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024, salah satu prioritasnya adalah pembangunan SDM berkualitas. Sektor yang harus terbangun adalah bidang kesehatan. Dalam RPJMN, diutamakan adalah pencegahan penyakit yang menimbulkan biaya tinggi, salah satunya TBC.

“Ini dasar bagi kita semuanya. Baik seluruh stakeholder, swasta, dan masyarakat, bersama-sama terlibat secara aktif, berpartisipasi dan bertanggungjawab secara langsung dalam rangka pencegahan penyakit TB,” tekannya.

Lebih jauh Ning Ita menyampaikan bahwa peringatan Hari TB Sedunia merupakan implementasi dari gerakan bersama menuju eliminasi TB 2030 di Jawa Barat sebagaiman arahan Presiden Jokowi.

"Percuma apabila masyarakat tidak sehat, karena ketidaksehatan masyarakat inilah yang bisa mempengaruhi aset-aset lain yang penting, seperti pendidikan, ekonomi maupun sosial," pungkas Ning Ita. (sof/ns) 

Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Minggu, 09 Mei 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan kali ini sangat menyentuh. Tentang prahara rumah tangga pemilik Gedung Empire Palace Surabaya: Gunawan Angkawidjaja dan istrinya, Chin Chin atau Trisulowati.Menurut Dahlan Iskan, Gunawan bukan ha...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...