Jumat, 07 Mei 2021 22:33

Pastikan Terus Tingkatkan Kerja Sama, Dubes Prancis Temui Wali Kota Eri Cahyadi

Rabu, 24 Maret 2021 23:15 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Pastikan Terus Tingkatkan Kerja Sama, Dubes Prancis Temui Wali Kota Eri Cahyadi
Wali Kota Eri menyambut kedatangan sejumlah delegasi dari Kedutaan Besar Prancis untuk Indonesia di Balai Kota Surabaya, Rabu (24/3).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sejumlah delegasi dari Kedutaan Besar Prancis untuk Indonesia mengunjungi Balai Kota Surabaya, Rabu (24/3). Rombongan ini disambut dengan hangat oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di ruang kerjanya.

Rombongan dari Kedutaan Besar Prancis itu terdiri dari Duta Besar Prancis untuk Indonesia Olivier Chambard, Konselor Ekonomi Dominique Lebastard, Direktur Business France Rachid Boulaouine, Atase Pertahanan Kolonel Sven Meic, Konsul Sebastien Lallemend, Sekretaris Pertama Pierre Vincent, Direktur Institut Francais d’Indonesie (IFI) Surabaya Benoit Bavouset, dan Han Jayanata Konsul Kehormatan Prancis di Surabaya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Eri Cahyadi menyampaikan terima kasih banyak atas kunjungannya ke Surabaya. Ia kemudian menjelaskan tentang banyak hal, terutama dalam penanganan Covid-19 di Kota Surabaya.

Selain itu, ia juga menjelaskan peluang kerja sama yang bisa dilakukan antara Surabaya dengan Prancis. Bahkan, saat itu ia memastikan Surabaya membuka diri untuk berkolaborasi dan kerja sama dengan Prancis, termasuk dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.

BACA JUGA : 

Pemkot Surabaya Terima Bantuan 700 Paket Sembako

PSEL Benowo Jadi Pilot Project Nasional

Pertama di Indonesia Resmikan Instalasi PSEL Benowo, Presiden Jokowi Berikan Dua Jempolnya

​Wawali Armuji Pantau Kesiapan Stasiun KA Gubeng dan Terminal Purabaya Jelang Larangan Mudik

“Tentu kita membuka diri untuk berkolaborasi. Kami juga berharap ada investasi yang masuk ke Surabaya untuk membantu warga. Kami berharap kerja sama Surabaya dengan Prancis terus ditingkatkan,” kata Mas Eri, sapaan Eri Cahyadi.

Sementara itu, Duta Besar Prancis untuk Indonesia Olivier Chambard mengaku sengaja mendatangi Surabaya karena Surabaya merupakan salah satu kota besar di Indonesia dalam bidang industri. Ia juga memastikan di Surabaya dan Jawa Timur, ada banyak sekali perusahaan Prancis yang tentunya mempekerjakan orang-orang Indonesia atau orang lokal di Surabaya.

“Investasi Prancis di Indonesia juga mengedepankan ekspor impor,” tegasnya.

Selain dalam bidang ekonomi, Dubes Prancis untuk Indonesia ini juga menjelaskan kerja sama dalam bidang pendidikan dan kebudayaan. Bahkan, ia memastikan bahwa di Surabaya ini ada Institut Francais d’Indonesie (IFI) yang sudah berdiri sejak 50 tahun silam. “Nah, di sana ada pembelajaran Bahasa Prancis dan juga pengembangan kebudayaan Prancis,” katanya.

Oleh karena itu, ia menjelaskan proyek ke depannya yang dia tawarkan adalah kelas bilingual Bahasa Prancis. Harapannya, nanti akan banyak pelajar-pelajar dan mahasiswa Indonesia yang mengikuti kelas tersebut dan akhirnya dapat melanjutkan studi di Prancis. “Jadi, kerja sama ke depan akan terus ditingkatkan,” pungkasnya. (ian/rev)

Suami Takut Istri
Kamis, 06 Mei 2021 18:19 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dalam seminar bertema gender, Gus Dur ditanya seorang peserta. Pertanyaannya sangat sensitif dan pribadi. “Gus, katanya beberapa kiai juga takut pada istri. Apa Gus Dur juga takut pada istri?,” tanya orang itu....
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Jumat, 07 Mei 2021 06:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wartawan kondang Dahlan Iskan mencatat dua waswas setelah pengumuman pertumbuhan ekonomi triwulan pertama 2021 ternyata minus hampir 1 persen.Apa saja? Silakan baca tulisan wartawan kawakan itu di HARIAN BANGSA dan BANGSA...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 07 Mei 2021 10:42 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...