Nenek 75 Tahun Tinggal di Kandang Bersama Ayam dan Kambing Karena Dibuang Keluarga

Nenek 75 Tahun Tinggal di Kandang Bersama Ayam dan Kambing Karena Dibuang Keluarga Daeng Bollo (75) menghabiskan masa tuanya dan tidur bersama ayam dan kambing peliharaannya lantaran ditelantarkan oleh orangtuanya. Selasa, (17/02/2015). (kompas.com)

BangsaOnline - Seorang nenek di Dusun Bontomanai, Desa Patani, Kecamatan Mappakasunggu, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, bernama Daeng Bollo (75), tinggal di kandang ayam bersama dua ekor kambing peliharaannya.

Untuk menutupi kebutuhan sehari-hari, wanita paruh baya ini harus bekerja sendiri dengan beternak ayam lantaran bantuan pemerintah terhenti sejak 10 tahun silam. Ia menempati kandang ayam berukuran 2 x 3 meter yang terbuat dari atap seng bekas.

Daeng Bollo menghabiskan masa tuanya dengan tidur bersama ayam serta dua ekor kambing yang diternaknya. Wanita tua itu menempati kandang ayam milik Awaluddin Rewa Daeng Siala sejak dibuang oleh keluarganya pada 30 tahun silam.

Warga setempat kerap meminta nenek uzur ini untuk meninggalkan kandang ayam tersebut dan tinggal di rumah warga. Namun, hal ini ditolak oleh sang nenek lantaran malu dan tak mau menyusahkan orang lain.

"Sudah banyak yang panggil saya tinggal di rumahnya, tapi saya tidak mau, malu, dan saya tidak mau bikin susah orang lain," ujar Daeng Bollo, Selasa (17/2/2015).

Untuk menutupi kebutuhan sehari-harinya, Daeng Bollo beternak ayam dan dua ekor kambing pemberian warga setempat yang iba melihat penderitaan nenek ini. Selain itu, bantuan pemerintah, seperti beras untuk rumah tangga miskin (raskin) dan bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah terhenti sejak tahun 2005. Warga setempat telah beberapa kali menanyakan hal ini kepada perangkat desa setempat, tetapi yang ada hanyalah janji bahwa sang nenek akan mendapatkannya kembali.

"Saya tidak tahu kenapa berhenti, padahal persyaratan adminstrasinya lengkap, termasuk KTP dan kartu keluarga ada, tapi sudah tidak dapat lagi," ujar Awaluddin Rewa Daeng Siala.

Sumber: kompas.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO