​Pertama di Indonesia dan Asia, Pramuka Jatim Akan Gelar Perkemahan di Tengah Pandemi

​Pertama di Indonesia dan Asia, Pramuka Jatim Akan Gelar Perkemahan di Tengah Pandemi Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jatim, Arum Sabil usai rapat koordinasi dengan pimpinan ketua Kwarcab Gerakan Pramuka se-Jatim di Surabaya. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Jatim berencana menggelar di masa pandemi Covid-19 yang diberi nama Perkemahan Sehat Era Pandemi (Persemi).

"Ini yang pertama (saat pandemi) di Indonesia dan Asia," terang Ketua Kwarda Gerakan Jatim, usai rapat koordinasi dengan Pimpinan Kwarcab Gerakan se-Jatim di Surabaya, Selasa (23/3/2021).

Persemi, tutur Arum, akan digelar di Kabupaten Jember pada 27 - 28 Maret 2021 dan dijadwalkan dibuka Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Diikuti sekitar 250 peserta, termasuk di dalamnya pelatih dan pengurus Kwarcab se-Jatim.

Menurut Arum, area cukup lapang karena luasnya mencapai 54 hektare dan tertutup oleh pagar, sehingga aman dari kerumunan warga. Selain itu ada sarana prasarana memadai, seperti listrik, dan keamanan lingkungan.

"Kalau ini bisa diterapkan, bukan hanya untuk proses pendidikan di pramuka, tapi ini juga nanti di dalam proses belajar mengajar di sekolah-sekolah," katanya.

Terlebih, papar Arum, selama pandemi anak-anak lebih banyak melakukan segala kegiatan di dalam rumah. Padahal kegiatan di luar rumah sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO