Panjalu Jayati, Bakal Nama Pendopo Kabupaten Kediri, Siap Diresmikan 25 Maret Mendatang

Panjalu Jayati, Bakal Nama Pendopo Kabupaten Kediri, Siap Diresmikan 25 Maret Mendatang Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Panjalu Jayati akhirnya dipilih menjadi nama Pendopo Kabupaten Kediri. Penetapan nama tersebut setelah digelar Sarasehan Budaya oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri di Pendopo Kabupaten Kediri, Kamis (18/3) malam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri, Ir. Adi Suwignyo, M.Si memberikan apresiasi kepada para seniman, budayawan, dan pegiat seni yang telah ikut serta dalam penentuan nama Pendopo Kabupaten Kediri ini.

Sementara itu, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menjelaskan bahwa digelarnya sarasehan memang salah satunya untuk menentukan nama Pendopo Kabupaten Kediri. Setelah melalui sejumlah argumen para seniman dan budayawan, akhirnya disepakati nama Panjalu Jayati.

“Memang telah disepakati namanya Panjalu Jayati, rencananya akan diresmikan bersamaan dengan Hari Jadi Kabupaten Kediri,” ujar Mas Bup Dhito, sapaan akrab Bupati Kediri itu.

Bupati Dhito turut mendengarkan saat sejumlah undangan yang hadir memaparkan nama untuk pendopo. Awalnya terdapat delapan nama, kemudian mengerucut menjadi empat, yaitu Kameswara, Pendapa Acalapati, Samarawijaya, dan Panjalu Jayati.

Nama Panjalu Jayati sendiri tertulis di Prasarti Hantang juga merupakan prasasti pertama yang diterbitkan oleh Sri Maharaja Mapanji Jayabaya pada tahun 1057 Saka (1135 Masehi) yang artinya Panjalu atau Kadiri Menang.

BACA JUGA: Mas Bup Dhito Sedang Cari Nama untuk Pendopo Kabupaten Kediri, Diputuskan di Hari Jadi

Panjalu Jayati sebagai nama Pendopo Kabupaten Kediri akan diresmikan saat digelar Hari Jadi Kabupaten Kediri pada tanggal 25 Maret 2021 mendatang.

Seperti pernah diberitakan sebelumnya, Pendopo Kabupaten Kediri yang lokasinya berada di wilayah Kota Kediri, tepatnya di Kelurahan Kampung Dalem atau persis di sebelah timur Alun-alun Kota Kediri selama ini belum mempunyai nama dan hanya disebut sebagai Pendopo Kabupaten Kediri.

Untuk itulah, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana yang dilantik pada tanggal 26 Februari 2021 ini langsung berpikir keras untuk memberi nama Pendopo Kabupaten Kediri itu. (uji/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO