​UKM dan IKM Jombang Ikuti Pelatihan Peningkatan Mutu dan Kualitas Produk Standar Toko Modern

​UKM dan IKM Jombang Ikuti Pelatihan Peningkatan Mutu dan Kualitas Produk Standar Toko Modern Suasana evaluasi peningkatan produk para IKM dan UKM di ruang rapat aula Disperindag Jombang.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Para industri kecil menengah (IKM) dan usaha kecil menengah (UKM) Jombang mengikuti pelatihan peningkatan mutu dan kualitas produk toko modern yang digelar Disperindag Jombang bekerja sama dengan Alfamart di ruang rapat aula Disperindag Jombang, Kamis (18/3/2021).

Dalam pelatihan tersebut, pihak Alfamart melakukan evaluasi dengan tujuan agar pelaku UMKM di Jombang usahanya semakin maju dan dapat bersaing di pasaran.

Wakil Kepala Cabang PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) (SAT) Malang Daduk Budi Susilo mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melatih para UMKM agar usahanya lebih maju. Dari sisi kemasan produknya, dari sisi rasanya, terus dari sisi penjualannya, dan sebagainya.

Selain itu, juga ada pelatihan bagi warung-warung kelontong kecil biar dapat berdiri bersaing dengan minimarket modern. Dari sisi display-nya, estetika display, dan juga manajemen keuangan di warungnya.

"Yang lebih penting adalah dari sisi pelayanan para warung kelontong. Bagaimana cara biar konsumen datang lagi ke warungnya. Lalu konsistensi jam operasional mereka. Karena konsistensi sangat penting," ujarnya.

Dalam evaluasi tahap dua ini, pihaknya menyampaikan bahwa dari sisi beberapa produk itu dari rasa. Khususnya di gorengan atau jajanan pasar, ada beberapa yang harus dikelola ulang. Agar konsumen lebih tertarik lagi.

"Kali ini kami undang peserta sekitar 50 UKM, dari pedagang-pedagang kecil, pedagang kelontong kami undang. Dan produk binaan di Jombang saat ini kurang lebih ada 10 item, seperti makanan keripik," tutur Daduk.

Simak berita selengkapnya ...