Selasa, 15 Juni 2021 21:13

​UKM dan IKM Jombang Ikuti Pelatihan Peningkatan Mutu dan Kualitas Produk Standar Toko Modern

Kamis, 18 Maret 2021 17:23 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Aan Amrulloh
​UKM dan IKM Jombang Ikuti Pelatihan Peningkatan Mutu dan Kualitas Produk Standar Toko Modern
Suasana evaluasi peningkatan produk para IKM dan UKM di ruang rapat aula Disperindag Jombang.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Para industri kecil menengah (IKM) dan usaha kecil menengah (UKM) Jombang mengikuti pelatihan peningkatan mutu dan kualitas produk toko modern yang digelar Disperindag Jombang bekerja sama dengan Alfamart di ruang rapat aula Disperindag Jombang, Kamis (18/3/2021).

Dalam pelatihan tersebut, pihak Alfamart melakukan evaluasi dengan tujuan agar pelaku UMKM di Jombang usahanya semakin maju dan dapat bersaing di pasaran.

Wakil Kepala Cabang PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) (SAT) Malang Daduk Budi Susilo mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melatih para UMKM agar usahanya lebih maju. Dari sisi kemasan produknya, dari sisi rasanya, terus dari sisi penjualannya, dan sebagainya.

Selain itu, juga ada pelatihan bagi warung-warung kelontong kecil biar dapat berdiri bersaing dengan minimarket modern. Dari sisi display-nya, estetika display, dan juga manajemen keuangan di warungnya.

BACA JUGA : 

Dinas Perkim Jombang Gelar Pelatihan PKM untuk Desa Penerima Program Kotaku

Bupati Mundjidah Canangkan Renovasi Masjid di Lingkup Pemkab Jombang

Jelang Lebaran, Forkopimda Jombang Sidak Pasar Tradisional

Bolos Paripurna, Eksekutif Sebut Anggota Dewan Jombang Tak Paham Peraturan

"Yang lebih penting adalah dari sisi pelayanan para warung kelontong. Bagaimana cara biar konsumen datang lagi ke warungnya. Lalu konsistensi jam operasional mereka. Karena konsistensi sangat penting," ujarnya.

Dalam evaluasi tahap dua ini, pihaknya menyampaikan bahwa dari sisi beberapa produk itu dari rasa. Khususnya di gorengan atau jajanan pasar, ada beberapa yang harus dikelola ulang. Agar konsumen lebih tertarik lagi.

"Kali ini kami undang peserta sekitar 50 UKM, dari pedagang-pedagang kecil, pedagang kelontong kami undang. Dan produk binaan di Jombang saat ini kurang lebih ada 10 item, seperti makanan keripik," tutur Daduk.

"Jadi, UKM yang bisa naik kelas ke Alfamart persyaratannya sama seperti produk yang lain. Kayak badan hukum, BPOM, sertifikat halal, kemasan produk, assortment atau jenis produk, harga beli dan jual," terangnya.

Menurutnya, untuk patokan harga dapat dilihat di pasaran, supaya harga bisa bersaing. Sistem pembayaran yang dilakukan pihak Alfamart ada yang dua minggu sekali, ada yang sebulan sekali. Tergantung MoU masing-masing produk.

"Untuk fasilitas display IKM dan UKM yang baru tempatnya khusus, sedangkan untuk IKM dan UKM yang lama, untuk produknya tempatnya dialihkan, dicampur dengan produk-produk yang lain. Karena konsumen sudah familier," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Jombang Bambang Nurwijanto menerangkan bahwa pihaknya mengundang teman-teman IKM yang selama ini sudah menjual produknya di toko modern.

"Ini adalah evaluasi yang sudah masuk di toko modern. Di atas tiga bulan ada 30 IKM. Evaluasi yang dilakukan menyangkut quality control-nya, kemasannya, seperti itu," terangnya.

Menurut Bambang, hal-hal tersebut yang memang dilakukan untuk saran dan kritiknya ke depan guna perbaikan produk teman-teman IKM.

"Dan materi yang disampaikan dalam forum ini tentunya berkaitan dengan teknis. Salah satunya seperti dengan kemasan dan yang lainnya," pungkasnya. (aan/zar)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipanggil pr...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...