Normalisasi Kali Lamong, Pemkab Gresik Segera MoU dengan BBWS

Normalisasi Kali Lamong, Pemkab Gresik Segera MoU dengan BBWS Bupati Gus Yani didampingi Kepala BPBD Tarso Sagito dan Camat Benjeng Suryo Wibowo saat bertemu warga korban banjir luapan Kali Lamong. (foto: SYUHUD/BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLONE.com - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) menyatakan bahwa akan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). MoU ini sebagai langkah adanya pemberian kewenangan untuk menormalisasi sedimentasi Kali Lamong.

"Kita butuh MoU ini agar kita tidak disalahkan di kemudian hari. Setelah ada MoU kita tanda tangani, kami akan mengerahkan alat berat untuk segera menormalisasi Kali Lamong," ungkap Bupati Gus Yani, didampingi Kabag Humas dan Protokol Reza Pahlevi, Selasa (16/3/2021).

Sebelumnya, pada Senin (15/3/2021) sore hingga malam, Bupati Gus Yani didampingi Kepala Pelaksana BPBD Gresik Tarso Sagito mengunjungi warga terdampak korban banjir luapan Kali Lamong di Kecamatan Balongpanggang, Benjeng, dan Cerme. Tepatnya, di Dusun Sambiroto Desa Balongpanggang Kecamatan Balongpanggang, Desa Karangan Kidul Kecamatan Benjeng, dan Desa Guranganyar Kecamatan Cerme. Selain melakukan kunjungan ke lokasi banjir, Bupati Gus Yani juga menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak.

Bupati Gus Yani merasa prihatin dengan keadaan banjir yang tiap tahun melanda warganya di wilayah Gresik Selatan. Untuk itu, dia mengaku sudah menyiapkan langkah, baik langkah penanganan jangka pendek maupun jangka panjang.

"Untuk jangka panjang, kami telah menyiapkan pembebasan lahan jangka panjang. Tahun ini kita awali progres pembebasan lahan. Anggarannya telah digedok oleh DPRD sebesar Rp50 miliar. Penentuan lokasinya sudah disiapkan, di mana apabila sudah ada yang siap akan segera dibebaskan," katanya.

Camat Balonganggang Yusuf Anshori kepada Bupati Gus Yani melaporkan bahwa banjir luapan Kali Lamong yang melanda Kecamatan Balongpanggang saat ini cukup merata.

"Biasanya banjir terjadi di wilayah Balongpanggang bagian selatan saja, namun kali ini banjir juga melanda wilayah Balongpanggang bagian utara mulai dari Desa Klotok, Wahas, Kedungdung, dan Desa Balongpanggang," ungkap Yusuf.

Sementara itu, Camat Benjeng Suryo Wibowo merasa senang dengan progres kebijakan yang disampaikan Bupati Gus Yani terkait Kali Lamong. Dia berharap ke depan sukses dalam penanganan banjir Kali Lamong.

"Sehingga warga masyarakat Kecamatan Benjeng tidak mengalami dampak banjir lagi akibat luapan Kali Lamong," pungkasnya. (hud/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO