Kamis, 24 Juni 2021 20:17

Peringati Hari Perempuan Internasional, PMII Gresik Demo di Pemkab dan DPRD

Senin, 08 Maret 2021 16:23 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Peringati Hari Perempuan Internasional, PMII Gresik Demo di Pemkab dan DPRD
Wabup Bu Min ketika menemui pendemo. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Puluhan aktivis mahasiswa yang tergabung dalam PC Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Gresik menggelar aksi demo memperingati Hari Perempuan Internasional (International Women’s Day) di halaman Kantor Pemkab dan DPRD Gresik, Senin (8/3/2021).

Dalam aksinya, mahasiswa membawa sejumlah tuntutan terkait problematika sosial yang dihadapi kaum perempuan saat ini. Sejumlah tuntutan mereka di antaranya, meminta seluruh bentuk diskriminasi dihentikan, sub ordinasi dan tindakan anti demokrasi terhadap kaum perempuan dan seluruh rakyat tertindas, meminta RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) disahkan, hingga penghentian pembahasan UU ketahanan keluarga, dan pencabutan UU 11 Tahun 2020 tentang cipta kerja dan seluruh peraturan turunannya.

Mereka juga meminta tidak ada lagi diskriminasi upah buruh perempuan dan buruh tani, dan pemberian kebebasan berorganisasi dan berserikat keapda kaum perempuan, terutama buruh dan tani perempuan di perdesaan.

Menurut Ketua PC PMII Gresik, Rusnani Hidayati, akar permasalahan yang selama ini terjadi adalah masih banyaknya kasus kekerasan terhadap kaum perempuan. Pihaknya menilai kedudukan dan hak kaum perempuan masih dianggap lebih oleh masyarakat.

BACA JUGA : 

Tekan Sebaran Covid-19, Bupati Gus Yani Bersama Forkopimda Gelar Rapat Evaluasi

Gelar Sosialisasi Perda 14/2020, DPUTR Gresik: Masih Ada Pelaku Jasa Konstruksi Tak Paham Aturan

DPRD Gresik Sepakat Pembahasan Raperda Tahap I Tanpa Usulan Eksekutif

Update Covid-19 Gresik: Positif Tambah 16 Orang, Sembuh 6 Orang

"Momentum hari perempuan ini kita menyuarakan hak-hak perempuan yang selama ini belum terpenuhi, apalagi masih banyak kasus diskriminasi dan kekerasan terhadap perempuan masih cukup tinggi,” ujar Rusnani dalam orasinya.

Setelah melakukan orasi selama kurang lebih satu jam di depan pintu gerbang Kantor Bupati Gresik, pendemo akhirnya ditemui oleh Wakil Bupati Gresik Hj. Aminatun Habibah. "Kami mengucapkan terima kasih, dari aspirasi yang disampaikan kami telah menyetujui, dan kami mengapresiasi karena ini bentuk dari kepedulian mahasiswa terhadap kondisi di tengah masyarakat," ujar Wabup Bu Min.

Dalam kesempatan itu, Bu Min juga menandatangani surat pernyataan komitmen dukungan terhadap tuntutan mahasiswa, dan juga memberikan respons seputar tuntutan yang dijadikan sebagai aspirasi pendemo.

Usai ditemui Wakil Bupati Gresik, pendemo kemudian melanjutkan aksinya di Kantor DPRD Gresik untuk kembali menyuarakan tuntutannya. Namun hampir satu jam pendemo melakukan orasi, belum ada anggota DPRD yang menemui mereka. (hud/ian) 

Pasuruan Zona Merah, Vaksinasi Digencarkan
Selasa, 22 Juni 2021 23:42 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Polres Pasuruan Menggelar Vaksinasi Massal Selasa Siang Tadi(22/06/2021). Vaksinasi Ini Dilakukan Di Alam Terbuka, Tepatnya Di Wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan. Warga Terlihat Antusias Mengantre Untuk Mengikuti Vaksi...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Kamis, 24 Juni 2021 07:56 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sejak Covid-19 melonjak lagi secara drastis, penanganan Covid-19 tampak kewalahan. Vaksinasi belum maksimal. Alternatif lain belum mendapat izin. Bahkan konvalesen kini jadi barang langka.Benarkah? Silakan simak tuli...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...