​ARPLH dan Pemdes Wonorejo Kediri Siap Ubah Kawasan Sumber Air Bulu Jadi Taman Ficus Nasional

​ARPLH dan Pemdes Wonorejo Kediri Siap Ubah Kawasan Sumber Air Bulu Jadi Taman Ficus Nasional Dari depan: Koordinator ARPLH Kediri dr. Ari Purnomo Adi, Beny Prastya (Tim ARPLH), dan Kades Wonorejo Agus, saat meninjau bakal lokasi Kebun Pusat Ficus Nasional di kawasan Sumber Air Bulu Desa Wonorejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. (foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Aliansi Relawan Peduli Lingkungan Hidup (ARPLH) bertekad menjadikan sebagai Pusat Ficus Nasional. Untuk mewujudkannya, pada tahap pertama ARPLH menggandeng Pemerintah Desa Wonorejo, Kecamatan Wates, Kabupaten untuk menjadikan kawasan menjadi lahan percobaan.

"Di Sumber Bulu Desa Wonorejo ada lahan seluas 15 meter x 1.000 meter. Kami kira ini sudah cukup sebagai lahan percobaan untuk kebun ficus. Kebetulan Pemerintah Desa Wonorejo sendiri sangat mendukung," kata dr. Ari Purnomo Adi, Koordinator ARPLH , Senin (8/3/2021).

Menurut dr. Ari, setelah kebun percobaan ficus di Sumber Bulu ditanami berbagai jenis ficus, pihaknya juga akan melakukan penanaman pohon ficus di Alas Simpenan Desa Manggis, Kecamatan Puncu.

Ia menjelaskan, pohon ficus bukan hanya beringin, kimeng, dolar, dan sebangsanya. "Ada sekitar 850 spesies ficus yang ada di seluruh dunia. Tapi, khusus di baru ada 34 jenis ficus yang sudah terdata dan siap ditanam di Kebun Pusat Ficus Nasional," imbuh aktivis lingkungan yang juga seorang dokter tersebut.

Sementara itu, Kades Wonorejo Agus mengaku siap bekerja sama dengan ARPLH untuk menjadikan Desa Wonorejo sebagai kebun pusat ficus.

"Pemerintah Desa Wonorejo dan Bumdes Wonorejo siap mendukung program pembuatan kebun pusat ficus ini. Tentu dengan dijadikan kebun pusat ficus, Sumber Bulu akan menjadi tujuan wisata alam dan edukasi bagi masyarakat," kata Kades Wonorejo saat meninjau lokasi bersama tim ARPLH .

Sebagai langkah awal, lanjut Kades Wonorejo, saat ini sedang dibenahi dan ditanami pohon penghijauan yang pohonnya berasal dari Aliansi Relawan Peduli Lingkungan Hidup . (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO