​Target Vaksinasi 17.000 Warga Pekan Ini, Bupati Ipuk Bakal Jemput Bola Lansia dan Disabilitas

​Target Vaksinasi 17.000 Warga Pekan Ini, Bupati Ipuk Bakal Jemput Bola Lansia dan Disabilitas Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani meninjau pelaksanaan vaksin bagi guru-guru di Puskesmas Purwoharjo, Jumat (6/3/2021). foto: ist.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Bupati Ipuk Fiestiandani terus memantau pelaksanaan covid-19 di wilayahnya. Dalam beberapa hari terakhir, Ipuk berkeliling ke sejumlah Puskesmas untuk memastikan berjalan lancar dan sesuai target. Diantaranya, meninjau pelaksanaan vaksin bagi guru-guru di Puskesmas Purwoharjo.

"Alhamdulillah, berkat dedikasi para tenaga kesehatan dan kesadaran masyarakat, saya melihat sejauh ini berjalan lancar. Dinas Kesehatan dan Puskesmas bekerja keras. Masyarakat juga sadar dan antusias menyambut . Tetapi tetap jangan lupa jaga protokol kesehatan meskipun sudah divaksin," kata Ipuk, Jumat (6/3/2021).

Berdasarkan data dari dinas kesehatan per 4 Maret 2021, sebanyak 13.846 warga telah disuntik vaksin Covid-19. Mereka terdiri dari para tenaga kesehatan dan pelayan publik. Saat ini telah memasuki tahap kedua yang dimulai sejak 26 Februari lalu.

”Saya targetkan sekitar 17.000 warga sudah divaksin dalam pekan ini, maksimal awal pekan depan, sesuai dosis sasaran yang telah diterima Bayuwangi,” ujar Ipuk.

Ipuk menambahkan, untuk pelaksanaan tahap berikutnya, pihaknya menyiapkan fasilitas jemput bola Covid-19 untuk warga lanjut usia (lansia) dan penyandang disabilitas yang terkendala ke fasilitas layanan kesehatan.

”Kemarin sudah dirapatkan bareng Pak Sekda dan kepala Dinas Kesehatan, kita akan jemput bola untuk para warga senior dan penyandang disabilitas. Teknisnya sedang diatur,” ujarnya.

Ipuk memastikan, meskipun jemput bola, semua prosedur ditaati. ”Kalau soal prosedur ya harus taat dong. Ada verifikasi data, pemeriksaan kesehatan fisik, lalu divaksin, pencatatan dan tetap harus menunggu untuk melihat apakah ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau tidak. Juga akan kita sediakan ambulans,” ujar alumnus Universitas Negeri Jakarta tersebut.

Lihat juga video 'Cuaca Kurang Bersahabat, Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Ditutup':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO